Soal Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat ST 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Soal Tema 3 Makanan Sehat ST 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan


LATIHAN SOAL TEMATIK KELAS 5 SD KURIKULUM 2013 ( K13 )

Tema : 3 – Makanan Sehat

Subtema  : 1 – Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan


Terdapat 2 tipe soal yang kami sajikan dalam postingan ini, antara lain: soal opsi ganda/ pilgan( multiple choice), soal uraian. Ya mudah- mudahan dengan banyaknya tipe soal yang kami bagikan, betul- betul dapat menolong para siswa dalam mengalami ulangan, UTS, serta UAS.
Soal Tema 2 ST 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan

Bila pembaca sesuai dengan soal tematik kelas 5 tema 3 ini, kamu bisa mendownload soal tematik ini dengan metode mengklik tombol LINK Unduh yang telah ada pada akhir postingan. Tinggal kamu klik tombol unduh, hingga kamu hendak ditunjukan gimana metode mendownload soal ini.
Dalam soal kelas 5 SD MI ini, setidaknya ada 4 mata pelajaran yang diujikan dalam soal ini, antara lain : mapel PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)

Soal Kelas 5 Tema 3 ST 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan



Soal Tema 3 Makanan Sehat ST 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

PPKn

Berilah tanda silang pada huruf a, b,c,dan d di depan jawaban yang tepat!

1.Istiadat diartikan sebagai .... 

a. kebiasaan 

b. keteraturan 

C. upacara adat 

d. turun-temurun 


2.Sikap yang harus kita miliki dalam menyikapi keberagaman dalam interaksi sosial adalah .. 


a. mementingkan urusan diri sendiri saling 

b. Menghargai

c. acuh tak acuh 

d  mencela 


3.Berikut hal yang akan terjadi jika kita  tidak memiliki sikap tenggang rasa dalam  interaksi sosial, adalah 

a. .interaksi antarindividu dalam masyarakat akan mudah terganggu

 b. terciptanya kehidupan yang rukun dan selaras 

C. persatuan dan kesatuan akan terjalin. kuat

d. terciptanya Interaksi sosial yang harmonis . 


4.Berikut ini bukan manfaat adanya kerja sama dalam keberagaman adalah ... . 


a.belajar untuk bersosialisasi 

b. pekerjaan yang berat akan sulit diselesaikan 

c. kita dapat mengetahui bahasa daerah yang dimiliki orang lain 

d. dengan berbagai keberagaman yang 

ada, kita akan mudah  memahami perbedaan 


5.Berikut ini yang tidak termasuk keberagaman budaya bangsa Indonesia adalah ..... 


a. tarian adat . 

b. upacara adat 

C. bahasa daerah 

d. upacara bendera 


 Ayo, Jawablah soal-soal di bawah Ini dengan Jawaban yang tepati 

1 Sebutkan tiga contoh perilaku menghargai perbedaan yang ada di lingkungan sekolah! 

2 Tuliskan tiga contoh keberagaman yang ada di lingkungan masyarakat! 

3. Apa saja manfaat kerja sama dalam keberagaman? 

4. Mengapa kita harus memiliki sikap menghargai perbedaan dalam melakukan interaksi sosial? 

5. Sebutkan sikap yang harus dimiliki saat menyikapi keberagaman di sekitar kita! 


Bahasa Indonesia

Berilah tanda silang pada huruf a, b,c,dan d didepan jawaban yang tepat!

1.Berikut bukan merupakan kalimat yang umumnya dipergunakan dalam bahasa iklan adalah ... . 

a.ungkapan yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak 

b.menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis, dan sopan 

c.bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan teks.

d. iklan boleh keluar dari konteks atau tema iklan 


2.Salah satu tujuan pembuatan iklan adalah 

a. memperkenalkan suatu produk 

terhadap masyarakat agar menggunakan produk tersebut 

b.memamerkan suatu produk agar dapat ditiru oleh masyarakat 

c. menyembunyikan suatu produk agar tidak diketahui masyarakat 

d. memperlihatkan suatu produk untuk dipamerkan saja 



3.Tema iklan di atas adalah ... . 

a. menu makanan sempurna 

b. solusi hidup menyenangkan 

C. buah-buahan makanan sehat 

d. menu seimbang untuk hidup sehat 


4.Sebuah kata atau konsep yang digunakan sebagai kunci untuk menghubungkan ke informasi lain pada iklan dinamakan .... 

a. slogan c. kalimat iklan 

b. headline d. kata kunci 


5. Kalimat dalam pembuatan iklan yang 

bertujuan untuk mengajak pembacanya dinamakan .... 

a. pasif 

c.persuasif

b. langsung 

d. komunikatif 


Ayo, Jawablah soal-soal di bawah Ini dengan jawaban yang tepat! 


1, Apa yang dimaksud dengan Iklan? 

2. Apa tujuan dari pembuatan iklan? 

3. Jelaskan kalimat kalimat yang umumnya dipergunakan dalam bahasa iklanl 


Iklan untuk mengerjakan soal nomor 4 dan 5. 



4. Tuliskan usnsur-unsur iklan di samping!

5. Menurutmu, apakah iklan di samping sudah efektif? Berikan alasanmu!


IPA

Berilah tanda silang pada huruf a, b,c,dan d didepan jawaban yang tepat!

1. Proses urutan pencernaan pada hewan sapi seacara urut adalah ... . 

b. mulut kerongkongan - lambung - Usus halus — anus 

c. mulut — lambung -usus halus — kerongkongan -anus 

d. anus — kerongkongan — lambung - usus halus — mulut 

e  kerongkongan — lambung — usus halus — anus -mulut 


2. Bagian lambung pada sapi yang berfungsi mencerna makanan dengan bantuan enzim adalah ... 

a. rumen 

b. omasum 

c. retikulum 

d. abomasum 


3. Perhatikan gambar berikut ini! 

Kelenjar pencernaan yang berperan dalam proses pencernaan ditunjukkan huruf...


a. C

b. H

c. A

d. D


4. Proses pencernaan makanan yang melibatkanenzim-enzim didalamlambung dan usus halus disebut pencernaan ... . 

a. mekanik 

b. Kimiawi

c. biologis 

d. fisika 


Lambung menghasilkan beberapa cairan yang membantu pencernaan makanan. 

Salah satunya, yaitu Asam klorida yang berfungsi untuk .. . 


a. menyerap sari-sari makanan untuk diedarkan ke seluruh tubuh 

b. membunuh kuman yang terbawa oleh makanan 

C. mengubah protein menjadi pepton 

d. melarutkan makanan yang keras 


Ayo, jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 


1. Apa yang dimaksud dengan sistem pencernaan makanan? 

2. Sebutkan organ pencernaan yang dimiliki serangga! 

3. Sebutkan empat bagian lambung yang dimiliki hewan golongan ruminansia (sapi)! 


4. Sebutkan enzim-enzim yang dihasilkan oleh getah lambung beserta fungsinya!

5. Jelaskan fungsi usus kosong (jejenum) pada organ pencernaan manusia!


IPS

Berilah tanda silang pada huruf a, b,c,dan d didepan jawaban yang tepat!

1.Manusia merupakan makhluk yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan manusia lain. 

Pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa manusia merupakan makhluk ... . 


a. sosial 

b. individu 

c. hidup

d. sekunder 


2.Hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok dinamakan ... . 


a. interaksi 

b. komunikasi

C. interaksi sosial 

d. interaksi lingkungan hidup 


3.Interaksi manusia dengan lingkungan yang dapat mengubah bentuk lingkungan alam adalah ..


a. penghijauan 

b. penambangan 

c. membuang sampah pada tempatnya 

d. penangkapan ikan menggunakan pancing 


4. Bentuk interaksi di atas terjadi antara individu dengan ... . 

a. individu 

b. kelompok  

c. lingkungan mati 

d. lingkungan alam 


5. Berikut ini merupakan contoh interaksi sosial yang ada di lingkungan sekolah adalah .. 

a.

b.

c.

d. 

Ayo, Jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 


1. Apa yang dimaksud dengan Interaksi lingkungan hidup? 

2. Sebutkan tiga contoh bentuk interaksi antara individu dengan Individu!

3. Jelaskan bentuk interaksi sosial yang terjadi ketika guru mengajari 

4. Mengapa manusia memiliki pengaruh besar terhadap Iingkungan hidup? 

5. Sebutkan contoh upacara adat yang ada di Indonesia! 


SBdP


Ayo, jawablah soal-soal di bawah ini dengan jawaban yang tepat! 


1.Apa yang dimaksud dengan tangga nada?

2. Tangga nada sendiri terbagi atas tangga nada mayor dan minor.  Sebutkan ciri-ciri tangga nada 

mayor dan minor 

3. Sebutkan tiga lagu nasional yang memiliki tangga nada minor! 

4. Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? 

5. Jelaskan nama, cara memainkan, dardaerah asal alat-alat musik berikut ini! 

a. Sasando

b. Angklung

c. Gamelan 

👉👉DOWNLOAD SOAL👈👈

0 Response to "Soal Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat ST 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close