Soal Evaluasi Akhir Tema 5 Kelas 5

 PPKn

1.Inti dari ikrar sumpah Pemuda adalah….

a Satu nusa, satu bahasa

b Satu bangsa, Satu tanah air

c Satu nusa, satu tanah air

d Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa


2.Organisasi pemuda pertama di Indonesia adalah ... .

a. Budi Utomo

b. Jong Java

c. Sumpah Pemuda.

d. Jong Sumatranen 


3.Gambar di samping merupakan contoh gotong royong di lingkungan ... .

a. sekolah

b. rumah

c. keluarga

d. masyarakat


4.Berikut yang bukan upaya kesatuan mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah adalah….

a menghormati teman yang menyampaikan pendapat

b. mau berdiskusi dengan teman tanpa membeda-bedakan

c. bekerja sama membersihkan lingkungan sekolah

d. mau berdiskusi dengan teman yang satu suku saja


 Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

1) Mengelola sumber daya alam secara bijaksana.

2) Menjalin kerja sama dengan baik dan jujur.

3) Menyelesaikan permasalahan dengan cara musyawarah.

4) Kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara merata.

5) Tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.


5.Pernyataan yang merupakan cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam adalah ...

a. 1)dan 2)

b. 1), 2), 3), dan 4)

c. 1), 2), dan 3)

d. 1), 2), 3), 4), dan 5)


Soal uraian

1. Apa manfaat persatuan dan kesatuan dalam peristiwa Sumpah Pemuda?

 2. Tuliskan lima upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat 

3. Apa manfaat menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam? 

4. Apa yang kamu ketahui tentang gotong royong? 

5. Tuliskan tiga contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan sosial budaya! 


Jawaban

1. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam peristiwa Sumpah Pemuda antara lain: a. Mempererat persaudaraan. b. Mewujudkan kerukunan. C. Menumbuhkan semangat bekerja keras. d. Meningkatkan semangat untuk gotong royong dalam membangun bangsa. 

2. Lima upaya mempertahankan persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat antara lain: a. Menghargai hak dan kewajiban antaranggota masyarakat. 

b. Bergotong royong melakukan berbagai kegiatan. 

C. Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan sekitar. 

d. Saling menghargai perbedaan. 

e. Memntingkan urusan golongan dibandingkan pribadi, 

3. Adapun manfaat menjaga persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam. a. Kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara merata. 

b. Tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. 

4. Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. 

5. Berikut contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan sosial budaya. 

a. Saling menghormati penganut agama lain yang sedang merayakan hari besarnya. 

b. Bergotong royong menjaga keamanan lingkungan. 


Bahasa indonesia

Laut merupakan ekosistem perairan yang paling luas di dunia. Banyak makhluk hidup yang menjadikan laut sebagai habitatnya sehingga makhluk hidup yang tinggal di laut membuat jaringjaring makanan yang kompleks. Kendati begitu, dalam hal organisme yang menjadi produsen dalam ekosistem ini umumnya sama, yaitu alga dan plankton.

1.Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada bagian ....

a awal

b. tengah

c. akhir

d. tersebar


2.Makna kata plankton pada paragraf tersebut adalah ... .

a organisme laut yang terbesar

b organisme laut yang sangat halus

c kelompok tumbuhan berukuran kecil

d kelompok hewan yang tidak dapat berenang


3. Informasi yang disajikan dalam teks nonfiksi adalah ... .

a. kenyataan

b. khayalan

c. imajinasi

d. bayangan


 4. Kata tanya “Apa” digunakan untuk menanyakan ....

a. tempat

b. orang

c. waktu

d. benda


5. Bacalah teks berikut ini dengan saksama!

Simbiosis komensalisme terjadi pada ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora diuntungkan karena mendapatkan perlindungan dari ikan hiu yang ada di dekatnya. Sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan atau dirugikan dengan keberadaan ikan remora.

 Simbiosis komensalisme terjadi pada ikan hiu dan ikan ....

a remora

b. hiu

c. paus

d. nila


 Soal uraian

1. Bagaimana cara menemukan informasi penting dalam sebuah teks nonfiksi?

2, Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis karangan nonfiksi dari ide pokok teks?

3. Buatlah sebuah karangan nonfiksi dengan tema rantai makanan!

Bacaan untuk mengerjakan soal nomor 4 dan 5.

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Proses makan-memakan ini berdasarkan urutan tertentu dan berlangsung terus-menerus. Dalam ekosistem ini makhluk hidup memiliki perannya masing-masing, mulai dari yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan beberapa sebagai pengurai.

4. Buatlah dua kalimat tanya beserta jawaban berdasarkan paragraf di atas!

5. Informasi apa yang kamu dapat dari paragraf tersebut?


Jawaban

1. Cara menemukan Informasi penting dalam sebuah teks nonfiksi: 

-Dengarkan teks nonfiksi secara saksama. Catat kata-kata kunci yang terdapat dalam setiap paragrafnya. 

-Gunakan kata tanya untuk membantu menemukan ide pokok dan informasi penting pada setiap paragrafnya. 

2.Untuk menulis karangan nonfiksi dari ide pokok teks, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut. 

a.Menentukan topik yang akan dikembangkan menjadi sebuah teks. 

b.Membuat daftar kosakata sebanyakbanyaknya yang berkaitan dengan topik yang diangkat. 

c.Menuliskan ide-ide pokok berdasarkan kosakata yang telah kamu tentukan. Membuat kalimat utama dengan mengembangkan ide pokok. 

d.Mencari informasi tambahan dari berbagai sumber yang dapat mendukung ide pokok dan kalimat utama yang telah dibuat. 

f. Membuat kalimat pendukung berdasarkan Informasi tambahan atau kosakata yang telah kamu tulis sebelumnya. 

g.Menyusun kalimat utama dan kalimat penjelas sesuai urutan sehingga menjadi sebuah paragraf nonfiksi yang padu. . 

3. Kreativitas siswa. 

Misalnya, ) 

Belalang merupakan salah satu hewan pengganggu, tetapi belalang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Daging belalang merupakan salah satu sumber protein terbaik. Seekor belalang mengandung kurang lebih 20-40 % protein serta 25-30 % vitamin A. Selebihnya, kandungan di dalamnya adalah kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc mangan dan aneka vitamin seperti vitamin B, B1, B2, B6, dan E. Semua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. 

4.Kreativitas siswa 

Contoh: 

Apa yang dimaksud dengan rantai makanan?

 Jawab: 

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. 

5.Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antarmakhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. 


IPA

1. Perhatikan gambar berikut!

 

 Sumber makanan hewan pada gambar di samping berasal dari ... .

a. hewan lain

b. tumbuhan

c. serangga

d. belalang

  

2.Perhatikan tabel berikut!

No Nama Hewan

Jenis Makanan

(1) Burung kolibri

Nektar

(2) Ular

Rumput

(3) Burung pelikan

Ikan kecil

(4) Bebek

Cacing tanah

(5) Kucing

Nyamuk

 Pasangan antara hewan dengan jenis makanannya yang tepat ditunjukkan oleh nomor ....

a (1), (2), dan (3)

b. (1), (3), dan (4)

c. (2), (3), dan (4)

d. (3), (4), dan (5)

 

3.Perhatikan gambar berikut!

Hewan yang mengalami daur hidup sama seperti pada gambar di atas adalah ... .

a. kecoa  

b. jangkrik

c. belalang

d. lalat


4.Perhatikan rantai makanan berikut!

Apabila tikus banyak diburu oleh para petani, yang akan terjadi adalah…

 a. populasi elang meningkat

 b. populasi ular meningkat

c. populasi padi menurun

d.populasi ular menurun ora

 

5. Unsur atau senyawa kimia yang digunakan oleh makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan disebut ... . 

a. nutrien

b. vitamin

b. senyawa

d. kandungan


 Soal uraian

1.Tuliskan tiga contoh hewan yang memakan batang tanaman!

2.Tuliskan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya!

3.Sebutkan tiga contoh hewan yang mengalami tahap metamorfosis sempurna!

4.Mengapa bunga anggrek tidak bersifat merugikan walaupun ia menempel pada pohon mangga? Jelaskan pula hubungan (simbiosis) yang terjadi antara keduanya

5.Buatlah sebuah contoh jaring-jaring makanan yang kamu ketahui!


Jawaban:

1.Sapi, kerbau, dan panda.

2. Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannnya dibagi menjadi 3. 

a. Herbivor (hewan pemakan tumbuhan). 

b. Karnivor (hewan pemakan daging). 

c. Omnivor (hewan pemakan tumbuhan dan daging). 

3.Kupu-kupu, lalat, dan nyamuk. 

4.Karena anggrek tidak menyerap makanan dari pohon mangga, sehingga terjadi hubungan simbiosis, yaitu komensalisme. 

5.Kreativitas siswa. 


IPS

1.Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu ... .

a Benua Amerika dan Benua Asia

b Benua Australia dan Benua Asia

c Benua Asia dan Benua Eropa

d Benua Eropa dan Benua Asia

 

2.Keterangan dari simbol-simbol yang digunakan pada peta untuk mewakili kenampakan alam atau objek yang digambarkan disebut ... .

a. legenda

b. Inset

c . skala peta

d. judul peta

 

3.Jenis pekerjaan masyarakat di daerah pegunungan selain melakukan kegiatan dengan bertani adalah ... .

a. nelayan

b. pengrajin

c. pegawai

d. pemetik teh

 

4.Masyarakat di daerah pantai bermata pencaharian sebagai ...

a. petani

b. nelayan

c. pedagang

d. pengusaha

5.Berikut yang tidak termasuk potensi agraris di Indonesia ... .

a. ketersediaan lahan

b. tidak memiliki tanaman unggul

C. didukung dengan iklim yang sesuai

d. keanekaragaman jenis tumbuhan pangan


 Soal uraian

1.Jelaskan unsur-unsur yang diperhatikan dalam membuat sebuah peta!

2.Gambarkan simbol dalam peta dari kenampakan alam atau tempat berikut!

a. Danau

b. Sungai

c. Gunung

d. Jalan kereta api

3.Tuliskan tiga contoh kenampakan buatan di Indonesia!

4.Apa manfaat yang kita peroleh dari hasil hutan? 

5.Sebutkan keuntungan dari letak geografis terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat!


 Jawaban:

1. Unsur-unsur yang diperhatikan dalam membuat sebuah peta. 

-Judul peta: menunjukkan isi yang akan digambarkan dalam peta, biasanya terletak di bagian atas. : ) 

-Skala peta: angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak sesungguhnya dan jarak yang ada pada peta. 

-Simbol peta: lambang gambar atau wama yang digunakan untuk memberi tanda objek yang terdapat pada suatu wilayah. 

-Legenda: keterangan dari simbol-simbol yang digunakan pada peta yang mewakili kenampakan alam atau objek yang digambarkan. 

-Inset: berbentuk peta kecil yang disisipkan untuk memperjelas salah satu bagian dari peta atau menunjukkan lokasi yang penting tetapi kurang jelas dalam peta. 

-Garis astronomi: garis khayal di permukaan bumi yang terdiri dari garis lintang dan garis membujur. Garis tepi: garis yang digunakan untuk membatasi ruang peta, biasanya berbentuk segi empat. 

-Petunjuk arah: berguna sebagai penunjuk arah mata angin, yaitu barat, timur, selatan, utara, barat daya, timur laut, tenggara, dan barat laut. 

2.

3. Waduk atau bendungan, kebun binatang, permukiman penduduk, pelabuhan. 

4. Hasil hutan tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan perumahan, perabotan rumah tangga, industri, dan sesebagain

5.Terjadi alkulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya asing. Memudahkan penyebaran budaya Indonesia ke luar negeri. 


SBDP

1. Sebutkan ciri-ciri lagu bertangga nada mayor!

2. Tuliskan tiga contoh lagu bertangga nada minor!

3. Apa fungsi iringan musik dalam tari?

4. Apa kegunaan alu dan lesung pada tari tradisional Bendrong Lesung? 5. Apa yang kamu ketahui tentang seni rupa murni? Berikan contohnya?

Jawaban:

1. Ciri-ciri lagu bertangga nada mayor sebagai berikut. 

a. Lagu bersifat optimis dan penuh keyakinan. 

b. Dinyanyikan dengan riang, gembira, ceria, menyenangkan, dan penuh semangat. . 

c. Diawali dan diakhiri nada do, terdapat juga lagu yang diawali dengan nada sol atau mi. 

d. Jarak atau interval nadanya 1-1-1/2--1 1-1, 1/2

2.. Contoh lagu bertangga nada minor. 

a. Mengheningkan Cipta. 

b. Gugur Bunga. 

C. Terima Kasihku. 

d. Syukur. 

 3.Iringan musik tari berfungsi untuk menciptakan harmoni antara gerak dengan musik sehingga tercipta tarian yang indah. 

4. Dengan.adanya properti, makna tari Bendrong Lesung yang menggambarkan kegembiraan dan sukacita masyarakat menyambut musim panen dapat tersampaikan dengan lebih baik. Alu dan lesung yang beradu menghasilkan bunyi khas yang memperlihatkan semangat dan kegembiraan masyarakat atas hasil panen mereka. 

5. Seni rupa mumi adalah karya seni yang dibuat untuk dinikmati keindahannya atau unsur estetika tanpa memperhatikan fungsinya. Keramik, lukisan, dan patung merupakan contoh karya seni rupa mumi. 

0 Response to "Soal Evaluasi Akhir Tema 5 Kelas 5 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close