SOAL DAN JAWABAN KECEPATAN - DEBIT KELAS 5

SOAL DAN PEMBAHASAN KECEPATAN - DEBIT BAGIAN 1

1. Sebuah sepeda motor mampu menempuh jarak 120 km dalam waktu 3 jam. Kecepatan sepeda motor tersebut adalah ... km/jam. 

2. Dian bersepeda dari rumah ke taman dengan kecepatan 50 meter/menit. Jika ia tiba di taman dalam waktu 25 menit, maka jarak rumah Dian dari taman adalah ... meter. 

3. Rinta naik kereta dengan kecepatan 120 km/jam. Jika ia menghabiskan waktu selama 4 jam, maka jarak yang ditempuh Rinta adalah ... km. 

4. Jarak sekolah dan rumah Riko 24 km. Jika ia menempuh jarak tersebut dalam waktu 1 jam, maka kecepatannya adalah ... km/jam. 

5. Jarak Kota Surakarta dengan Kota Yogyakarta adalah 64 km. Jika kamu ingin tiba di Yogyakarta pukul 20.00 WIB ketika berangkat pukul 18.00, maka kecepatan yang harus kamu tempuh adalah ... km/jam. 

6. Lusi berangkat sekolah pukul 06.30 WIB. Jarak rumah Lusi dari sekolah adalah 30 km. Jika ia menempuh kecepatan 30 km/jam, maka Lusi akan tiba di sekolah pada pukul .... 

7. Volume air yang memiliki debit 1.200 liter/jam selama 30 menit adalah ... liter. 

8. Jika dalam waktu 4 jam air yang tertampung 18.000 liter, maka debit air yang mengalir adalah .. liter/menit. 

9. Sebuah keran air dalam waktu 20 detik dapat mengalirkan air sebanyak 4 liter. Volume air yang mengalir selama 6 detik adalah ... liter. 

10. Desi memiliki sebuah tabung yang berisi 4 liter air. Ketika bocor air tersebut habis dalam waktu 20 menit. Debit air yang bocor pada tabung Desi adalah ... liter/menit.


SOAL DAN PEMBAHASAN KECEPATAN-DEBIT BAGIAN 2

1. Jarak rumah Arman dan Danu 180 km. Arman berkendara dari rumahnya menuju rumah Danu pada pukul 10.00 dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Pada pukul 10.30 Danu berkendara menuju rumahArman dengan kecepatan 60 km/jam. Jika melalui jalan yang sama dan semua lancar, pada pukul berapakah mereka akan berpapasan? 

2. Pak Karim mengisi tangki dengan minyak tanah dari sebuah truk bahan bakar sampai penuh dalam waktu 5 menit. Jika debitnya 5 liter/detik, maka tentukan volume seluruh tangki tersebut! 

3. Sebuah bak penampung berisi 6.000 liter air. Dalam waktu 10 menit air dalam bak berkurang seluruhnya melalui pipa yang ada pada dasar bak. Tentukan besar debit yang mengalir dari pipa tersebut!

4. Sebuah sepeda motor mampu menempuh jarak 320 km dalam waktu 8 jam. Berapakah kecepatan sepeda motor tersebut? 

5. Jarak rumah Desi dengan pasar adalah 600 m. Jika Desi mengendarai sepeda dengan kecepatan 10 meter/menit, maka berapakah waktu yang dibutuhkan oleh Desi untuk tiba di pasar? 

6. Paman pergi ke kota mengendarai sepeda motor. Paman berangkat dari rumah pukul 11.15 dan sampai kota pukul 13.15. Paman melaju dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam. Tentukan jarak dari rumah ke kota! 

7. Bak mandi yang dapat menampung air sebanyak 3 m?, mula-mula kosong. Keran air dibuka dan bak mandi penuh selama 25 menit. Berapakah iter/detik debit air keran tersebut? SAWAH: snnrdddn da nnkan tanamkan Nnnanna na emaaaaaaan 

8. Riko ingin mengosongkan akuarium yang volumenya 3.000 liter dengan debit air 60 liter/menit. Berapa menitkah waktu yang dibutuhkan Riko? JAWAb: nd dd anne nan an ena ee anna 

9. Jika air terjun dapat mengalirkan air 36, 000 liter dalam waktu 12 jam, maka berapakah debit airnya? 

10. Sebuah tong air disi air hingga penuh selama 1 jam. Jika debit airnya 180 liter/detik, maka berapakah volume air dalam drum tersebut? 

Jawaban:







soal dan pembahasan kecepatan dan debit kelas 5
soal kecepatan dan debit kelas 5 sd
soal kecepatan dan debit kelas 5
soal kecepatan dan debit kelas 5 kurikulum 2013
contoh soal kecepatan dan debit kelas 5
soal soal kecepatan dan debit kelas 5
contoh soal debit matematika kelas 5
kumpulan soal kecepatan dan debit kelas 5 sd
soal dan pembahasan debit kelas 5 sd
latihan soal kecepatan dan debit kelas 5 sd
soal kecepatan dan debit sd kelas 5
kecepatan dan debit kelas 5 sd


0 Response to "SOAL DAN JAWABAN KECEPATAN - DEBIT KELAS 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close