PERKEMBANGAN FISIK MANUSIA DAN PERKEMBANGBIAKAN MANUSIA

PERKEMBANGAN FISIK MANUSIA

Ƙ  pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran dan jumlah sel.

Ƙ  perkembangan adalah proses perubahan organ tubuh dan fungsinya menuju kedewasaan.

 Pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak bayi dalam rahim ibu sampai lanjut usia melalui beberapa tahapan berikut ini.

1. Masa fetus, yaitu sejak terbentuk zigot(sel telur yg dibuahi sel sperma) sampai bayi dalam rahim ibu.

2. Masa balita yaitu sejak bayi lahir sampai anak-anak umur 5 tahun.

Ƙ  Waktu usia sebulan, indra penglihat dan pendengar mulai berfungsi. Kalian sudah bisa melihat sinar dan mendengar suara.

Ƙ  Pada usia 5–6 bulan, kalian mulai tengkurap dengan kepala tegak.

Ƙ  mulai merangkak dan berdiri saat berusia 9–12 bulan. 

Ƙ  Ketika mencapai usia delapan belas bulan, kalian mampu berjalan sendiri.

Ƙ   Pada usia 2–3 tahun, kalian mulai berbicara dalam kalimat yang sederhana.

Ƙ  Memasuki usia tiga tahun, kalian mulai bisa mengungkapkan pikiran. Pengungkapan ini dapat berupa gerakan terhadap suatu benda.

3. Masa anak-anak sekitar umur 5 tahun sampai 10 tahun.

4. Masa remaja/pubertas sekitar umur 10 tahun sampai 21 tahun.

Masa peralihan dari anakanak menjadi dewasa dikenal dengan masa remaja atau masa pubertas. Masa pubertas anak perempuan lebih cepat dibandingkan dengan anak lakilaki. Masa puber anak perempuan terjadi pada usia 9-13 tahun. Sedangkan pada laki-laki pada usia 10-14 tahun. 


Ciri-ciri pubertas dapat diamati dari perubahan fisik tubuh.. Perubahan tersebut dikendalikan oleh hormon kelamin. (hormon adalah zat yang dihasilkan tubuh untuk mengendalikan proses-proses di dalam tubuh).

Perubahan fisik pada perempuan:

Perkembangan pada perempuan dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron.

Hormon ini berfungsi untuk mematangkan sel telur (ovum) dan mengatur  perkembangan seksual sekunder

1.      Penggul dan payudara membesar

2.      Tumbuh rambut pada bagian tertentu

3.      Terjadi menstruasi (Menstruasi adalah keluarnya sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium) yang tidak dibuahi bersama lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah. Pada saat menstruasi darah keluar sedikit demi sedikit malalui lubang kelamin (vagina) selama 2-14 hari, mentruasi terjadi setiap bulan sekali atau terjadi setiap 28 hari sekali.

4.      Ketidakstabilan emosi

Perubahan fisik pada laki-laki:

Perkembangan alat kelamin dan tanda-tanda seksual sekunder pada laki-laki dipengaruhi oleh hormon testoteron. Hormon ini berfungsi untuk pembentukan sel sperma di dalam testis.

1.      Dada terlihat membidang, kekar dan berotot

2.      Tumbuhnya jakun dan suara membesar

3.      Tumbuh rambut pada bagian tertentu(jambang, kumis, alat kelamin, ketiak)

4.      Mengalami mimpi basah

dihasilkannya sel sperma (sel kelamin jantan) oleh alat kelamin laki-laki yang disebut testis. Jutaan sperma dihasilkan setiap hari oleh seorang laki-laki. Sehingga apabila testis telah penuh, kemungkinan sperma keluar dengan sendirinya melalui mimpi, yang dikenal dengan mimpi basah.

5.      Ketidakstabilan emosi

 

Masa puber adalah masa yang sulit bagi seorang remaja. Oleh karena itu bergaullah dengan baik dengan memperhatikan norma-norma sosial yang ada, memilih teman yang mengajak kebaikan, tidak mudah meniru orang lain, melakukan aktivitas yang positif, dan banyak beribada, Bersikap tenang dan percaya diri, bersikap jujur dan terbuka kepada orang yangkamu percayai ketika terjadi perasaan yang tidak enak, selalu menjaga kebersihan seluruh tubuh dan alat reproduksi.

 

5. Masa dewasa sekitar umur 21-49 tahun.

Pada masa ini  tidak terjadi pertumbuhan fisik, perkembangan fisik anak perempuan sampai usia 20/21 tahun sedangkan anak laki-laki sampai 23/25 tahun Tetapi, pertumbuhan dan perkembangan secara emosional masih terjadi. Pada masa dewasa, orang akan berpikir untuk bekerja dan menikah dan mampu bertanggung jawab.

6. Masa tua sekitar umur 50 tahun ke atas.

Masa lanjut usia ditandai dengan kulit menjadi berkerut, tulang-tulang makin rapuh, otot makin lemah, rambut menipis, dan memutih, penglihatan dan pendengaran makin  berkurang Pada akhirnya fungsi organ dalam tubuh berhenti dan suatu saat seseorang meninggal.

Perkembangbiakan Manusia

Telur akan dibuahi bila bertemu dengan sperma. Pembuahan terjadi di sepanjang tuba falopi menuju uterus (rahim). Jika sel telur dibuahi oleh sperma maka akan terbentuk zigot, kemudian berkembang menjadi embrio (janin). Dua hari setelah pembuahan, sel telur telah membelah menjadi empat sel. Sel-sel tersebut akan terus membelah hingga menjadi milyaran sel. Milyaran sel ini akan membentuk tubuh manusia. Janin dalam rahim mengalami pertumbuhan dan  perkembangan selama ±9 bulan (38-40 minggu) sehingga terbentuk individu yang lengkap. 




0 Response to "PERKEMBANGAN FISIK MANUSIA DAN PERKEMBANGBIAKAN MANUSIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close