KENAMPAKAN ALAM INDONESIA

 KENAMPAKAN ALAM INDONESIA

Keragaman Kenampakan Alam Indonesia Menggunakan Peta

Legenda adalah bagian dari peta yang berisi tentang simbo-simbol beserta maknanya.

1.    Simbol-simbol untuk menunjukkan kenampakan alam seperti sungai, danau, rawa, dan gunung. Contohnya sebagai berikut.

2.    Simbol-simbol untuk menunjukkan kenampakan buatan, misalnya jalan raya, ibu kota, rel kereta api, lapangan udara, pelabuhan, rumah sakit, batas provinsi, dan lain-lain.

Simbol-simbol yang menunjukkan permukaan muka bumi seperti dataran tinggi,  pegunungan, dataran rendah, dan perairan. Warna biru menunjukkan wilayah perairan. Warna hijau menunjukkan dataran rendah. Warna kuning menunjukkan dataran tinggi. Warna coklat menunjukkan wilayah pegunungan.

 



Kenampakan Alam di Indonesia

a.      Daratan

Daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenang air

1.Dataran Rendah

Dataran rendah adalah bentangan tanah datar yang sangat luas pada ketinggian kurang dari 200 m di atas permukaan laut. Meskipun letaknya dekat daerah pantai, tetapi mata pencarian penduduknya berbeda-beda. Di sini tidak ditemukan lagi kegiatan nelayan, kapalkapal serta perahu yang berlabuh.

2 Pegunungan

Pegunungan adalah rangkaian gunung atau daerah yang bergunung- gunung. Tinggi pegunungan lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. 

 


Wilayah Indonesia merupakan pertemuan dari dua deret atau rangkaian pegunungan

dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Mediterania dan Pegunungan Sirkum Pasifik.

1.      Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah dataran yang ketinggiannya di 200-500 m di atas permukaan laut. Dataran ini terletak di daerah pegunungan atau dikelilingi oleh perbukitan sehingga udaranya sejuk dan segar.

Dataran tinggi biasanya memiliki kondisi tanah yang subur dan suhu yang sejuk, sehingga cocok untuk menanam berbagai jenis tanaman perkebunan dan sayuran. Dataran tinggi di Sumatera, antara lain Dataran Tinggi Pasai, Alas, dan Gayo (Aceh),serta Dataran Tinggi Karo (Sumatera Utara). Dataran tinggi lainnya di wilayah Indonesia adalah Dataran Tinggi Puncak (Jawa Barat), Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Dataran Tinggi Ijen (Jawa Timur) dan Dataran Tinggi Madi (Kalimantan Barat).

 

a.      Perairan

1.      Sungai

Sungai merupakan bagian dari permukaan bumi yang rendah dan dialiri oleh air

2.      Pantai

Pantai adalah perbatasan antara daratan dan lautan

3.      Danau

Danau adalah permukaan bumi berupa cekungan yang sangat luas dan digenangi air.

Berdasarkan asalnya, danau dapat dikelompokkan sebagai berikut.

a. Danau vulkanik

Danau ini muncul akibat terjadinya gunung meletus.

b. Danau tektonik

Danau ini muncul karena patahan atau gempa bumi.

c. Danau ada yang muncul karena jatuhnya benda langit di permukaan bumi, misalnya meteor.

Danau-danau tersebut dimanfaatkan antara lain sebagai berikut.

a. Irigasi pertanian.

b. Sumber air.

c. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

d. Objek wisata.

 4.    Rawa

Rawa merupakan tanah yang digenangi air. Umumnya terdapat di daerah dekat sungai atau pantai Daerah rawa-rawa banyak dijumpai di daerah pesisir timur Pulau Sumatera, Kalimatan Selatan bagian barat, serta Papua bagian barat dan selatan.

Keberadaan rawa juga bermanfaat bagi manusia. Biasanya rawa yang dikeringkan dimanfaatkan untuk persawahan. Untuk memenuhi kebutuhan akan air bersih, penduduk daerah rawa sangat bergantung pada air hujan.

5.    Selat

Selat adalah laut yang sempit yang menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lainnya. Indonesia memiliki banyak selat karena Indonesia terdiri dari beriburibu pulau besar dan kecil. Contoh selat di Indonesia adalah Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatra

6.    Laut

Laut adalah bagian permukaan bumi paling rendah dan luas yang digenangi air asin.




4.    Teluk

Teluk adalah laut yang menjorok ke daratan. Teluk biasanya digunakan untuk pelabuhan laut/ bandara karena daerah tersebut bebas dari ombak yang besar

5.    Tanjung/semenanjung

Tanjung/semenanjung adalah bagian dari daratan yang menjorok ke laut.



Keragaman Kenampakan Buatan di Indonesia

1.    Waduk atau Bendungan

Waduk atau bendungan merupakan bangunan yang diciptakan manusia dengan cara membendung aliran sungai. Waduk berfungsi sebagai sarana pariwisata, perikanan, PLTA, dan pengairan.


 

2.    Saluran Irigasi dan Saluran Air

Saluran irigasi adalah sungai buatan yang digunakan untuk mengaliri areal persawahan dan perkebunan. Sedangkan saluran air adalah sungai buatan yang digunakan untuk mengatur aliran air sehingga tidak merugikan manusia

3.    Areal Perkebunan dan Pertanian

Perkebunan adalah areal yang digunakan untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Perkebunan terdapat di dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.

Perkebunan terbagi menjadi perkebunan hortikultura dan perkebunan tanaman jangka panjang (tanaman industri). Perkebunan hortikultura berada di daerah-daerah dingin. Jenis tanaman perkebunan hortikultura terdiri atas buah, bunga, dan sayur.

Adapun perkebunan tanaman industri antara lain karet, tembaku, kelapa sawit, teh, tebu, kopi, cokelat, dll

4.    Kawasan Industri

Industri adalah kegiatan yang melakukan pengolahan barang mentah menjadi bahan baku, atau bahan baku menjadi bahan jadi. Kegiatan industri pengolahan barang mentah menjadi bahan baku misalnya pabrik tapioka, pabrik benang, pabrik triplek, industri pengolahan bijih besi, dan sebagainya. Kawasan industri merupakan sekumpulan pabrik yang dikhususkan untuk memproduksi barang

5.    Pelabuhan

Pelabuhan laut digunakan sebagai tempat pemberhentian atau berlabuhnya kapal. Pelabuhan udara digunakan sebagai tempat pemberhentian atau berlabuhnya pesawat terbang

 

6.    Perumahan

Perumahan biasa dibangun di dekat pusat kegiatan penduduk. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan perumahan juga meningkat. Sekarang semakin banyak dibangun permukiman-permukiman baru

7.    Sawah

Sawah adalah tanah yang diairi dan diolah untuk menanam padi. Di Indonesia terdapat bermacammacam sawah. Ada sawah tadah hujan, sawah bencah, dan  sawah bera.

Sawah tadah hujan atau sawah air yaitu sawah yang sangat tergantung pada air hujan. Sawah tadah hujan hanya bisa ditanami padi sekali saja dalam setahun.

Sawah bencah yaitu sawah yang mendapat pengairan teratur. Sawah enis ini bisa ditanami padi sepanjang tahun.

Sawah bera yaitu sawah yang  kurang produktif (kurang menghasilkan). Sawah jenis ini pengairannya tidak teratur.

8.    Sarana Transportasi

Sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk maka meningkat pula berbagai kebutuhan lainnya, seperti ketersediaan transportasi.Di kota-kota besar, kemudahan sarana transportasi sangat diperlukan karena banyak memberikan manfaat dan kemudahan. Seperti untuk mempersingkat waktu serta mengurangi kemacetan

lalu lintas

9.    Objek Wisata

Kenampakan alam buatan berikutnya adalah tempat wisata dan peninggalan

budaya. Di Indonesia banyak sekali dibangun tempat wisata. Misalnya taman hiburan, museum, dan monumen.

Dampak Pembangunan Kenampakan Buatan

Keuntungan pembangunan kenampakan buatan

a.     Masyarakat memperoleh manfaat langsung, seperti aliran irigasi, adanya listrik dari PLTA, dan tempat pemeliharaan ikan dari waduk yang dibangun.

b.     Mendapat lapangan pekerjaan, contohnya masyarakat dapat membuka usaha warung di sekitar kawasan industri.

c.     Menambah pendapatan masyarakat, karena dari usaha warung yang dijalankan dapat menambah penghasilan mereka.

Adapun kerugian dari pembangunan kenampakan buatan adalah sebagai berikut.

a.    Lingkungan alam menjadi terganggu. Misalnya pembangunan kawasan industri tidak dilengkapi sarana pengolahan limbah.

b.     Menimbulkan bencana. Misalnya pembangunan sungai yang tidak berjalan dengan baik justru mendatangkan banjir.

c.     Menimbulkan perpindahan penduduk. Misalnya pembangunan kawasan industri di kota menjadi daya tarik penduduk desa. Akhirnya mereka urbanisasi untuk mencari pekerjaan. Hal ini berakibat penduduk terpusat di sekitar kawasan industri. Sebaliknya di daerah asal mereka (pedesaan) jumlah penduduk berkurang.

Pembagian Waktu di Indonesia

Bumi selalu berputar pada porosnya atau disebut rotasi. Rotasi berakibat terjadinya siang dan malam. Bumi memiliki tiga garis khayal.

khayal tersebut.

1.    Garis khatulistiwa/ekuator yaitu garis yang membagi bumi tepat di tengah wilayah utara dan selatan.

2.    Garis lintang yaitu garis mendatar yang melingkari bumi. Garis lintang yang berada di sebelah atas khatulistiwa disebut garis lintang utara, sedangkan garis lintang yang berada di sebelah bawah khatulistiwa disebut garis lintang Selatan

3.     Garis bujur/meridian yaitu garis yang ditarik dari kutub utara dan kutub selatan. Garis bujur 0O tepat melintasi Kota Greenwich, London, Inggris. Garis meridian pangkal atau (0o) tersebut digunakan sebagai patokan waktu di seluruh dunia atau waktu internasional yang dikenal dengan nama waktu GMT (Greenwich Mean Time). Kota di indonesia yang dilewati garis khatulistiwa adalah kota Pontianak yang dibangun tugu khatulistiwa

Letak Indonesia secara astronomi adalah 6o LU–11O LS dan 95O BT–141O BT.

 


Adapun pembagian daerah waktu Indonesia adalah sebagai berikut.

1.     Daerah Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB)

Berpan gkal pada garis bujur 105O BT, sehingga mempunyai selisih 7 jam lebih awal dari Greenwich (105O : 15O = 7). Daerah Waktu Indonesia Bagian Barat  WIB) meliputi Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

2.    Daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)

Berpangkal dari garis bujur 120O BT, sehingga mempunyai selisih 8 jam lebih awal dari Greenwich (120O : 15O = 8). Daerah Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) meliputi wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi.

3.    Daerah Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT)

Berpangkal pada garis bujur 135O BT, sehingga mempunyai selisih 9 jam lebih awal dari Greenwich (135O : 15O = 9). Daerah Waktu Indonesia bagian Timur (WIT) meliputi Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat, dan Papua.

 

 

Angin musim

Angin musim ada dua, yaitu angin musim barat dan angin musim timur. Angin musim barat bergerak dari Asia menuju Australia yang melewati Samudra Hindia. Angin musim barat banyak membawa uap air sehingga menyebabkan musim hujan. Angin ini bertiup antara bulan oktober sampai April. Adapun angin musim timur adalah angin yang bergerak dari Benua Australia menuju Samudra Hindia. Angin ini bersifat kering sehingga menyebabkan musim kemarau di Indonesia. Angin ini bertiup dari bulan April sampai dengan bulan Oktober.

 

kenampakan alam indonesia yang terbentuk karena proses vulkanik contohnya

kenampakan alam indonesia meliputi

kenampakan alam indonesia meliputi wilayah daratan dan

kenampakan alam indonesia yang memiliki wilayah paling luas adalah

kenampakan alam indonesia yang terbentuk karena proses vulkanik adalah

kenampakan alam indonesia lebih beragam karena

kenampakan alam indonesia yg terbentuk karena proses vulkanik

kenampakan alam indonesia berupa

kenampakan alam indonesia adalah

kenampakan alam indonesia adalah brainly

kenampakan alam alami indonesia

kenampakan alam antara indonesia dan malaysia

kenampakan alam di indonesia adalah

persamaan kenampakan alam antara indonesia dan filipina adalah

kenampakan alam indonesia di kawasan asean

kesamaan kenampakan alam antara indonesia dengan filipina

kenampakan alam indonesia brainly

kenampakan alam indonesia berupa hutan sungai danau gunung

kenampakan alam indonesia berupa hutan sungai danau gunung pegunungan lembah

kenampakan alam indonesia bagian utara

kenampakan alam indonesia beragam karena

kenampakan alam indonesia berupa gunung yang menjadi gunung tertinggi di indonesia adalah

kenampakan alam di indonesia beserta namanya

contoh kenampakan alam indonesia

kenampakan alam di indonesia beserta contohnya

ciri kenampakan alam indonesia

ciri ciri kenampakan alam indonesia di daratan dan lautan

kenampakan alam indonesia seperti pada gambar diatas cocok dikembangkan untuk

contoh soal kenampakan alam indonesia

ciri utama kenampakan alam indonesia

jelaskan ciri-ciri kenampakan alam indonesia di daratan dan lautan

kenampakan alam dan buatan di indonesia

kenampakan alam di indonesia

kenampakan alam indonesia dan filipina

kenampakan alam indonesia dan malaysia

kenampakan alam indonesia dibagi menjadi dua yaitu

kenampakan alam indonesia dengan malaysia hampir sama analisislah penyebab adanya persamaan tersebut

kenampakan alam indonesia dan malaysia hampir sama

kenampakan alam indonesia dibagi menjadi dua yaitu wilayah

kenampakan alam indonesia dan malaysia hampir sama analisislah penyebab persamaan tersebut

kenampakan alam indonesia tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi yaitu

kenampakan alam keadaan sosial dan keadaan ekonomi indonesia

kenampakan alam di negara indonesia

jelaskan persamaan kenampakan alam indonesia filipina

perbedaan kenampakan alam indonesia dan filipina

foto kenampakan alam indonesia

apa kesamaan kenampakan alam indonesia dan filipina berpengaruh pada

penyebab persamaan kenampakan alam indonesia dan filipina adalah

beberapa persamaan kenampakan alam indonesia dan filipina

foto kenampakan alam di indonesia

kenampakan alam geografis indonesia

kenampakan alam indonesia dan gambarnya lengkap

gambar kenampakan alam indonesia

kenampakan alam di indonesia beserta gambarnya

kenampakan alam di indonesia dan gambarnya

kenampakan alam gunung di indonesia

kenampakan alam buatan di indonesia beserta gambarnya

kenampakan alam malaysia dan indonesia hampir sama

meskipun banyak perbedaan kenampakan alam di indonesia harus menjunjung rasa

pengaruh kenampakan alam indonesia terhadap iklim

jelaskan pengaruh kenampakan alam indonesia terhadap iklim

berikut ini kenampakan alam indonesia yang dijadikan objek wisata kecuali

apa pengaruh kenampakan alam indonesia terhadap iklim

kenampakan alam di wilayah indonesia

jelaskan kenampakan alam indonesia

jenis kenampakan alam indonesia

jelaskan bahwa kenampakan alam indonesia juga menunjukkan keragaman sosial budaya

jelaskan persamaan kenampakan alam indonesia dengan filipina

jelaskan persamaan kenampakan alam indonesia

kenampakan alam yang ada di indonesia

daftar kenampakan alam di indonesia

kenampakan alam indonesia kecuali

kenampakan alam indonesia kelas 5

kenampakan alam indonesia yang terbentuk karena proses vulkanik

kesamaan kenampakan alam indonesia dan filipina

karakteristik kenampakan alam indonesia

kliping kenampakan alam indonesia

kenampakan alam indonesia lebih beragam dari malaysia karena

kenampakan alam indonesia yang paling luas adalah

kenampakan alam di indonesia dan letaknya

perbedaan kenampakan alam indonesia dengan laos

perbedaan kenampakan alam indonesia dan laos

lima kenampakan alam indonesia

kenampakan alam indonesia meliputi wilayah

kenampakan alam indonesia memiliki wilayah paling luas adalah

kenampakan alam indonesia malaysia singapura

kenampakan alam indonesia menghasilkan sumber daya alam yang

kenampakan alam indonesia memiliki manfaat untuk plta adalah

kenampakan alam indonesia malaysia dan singapura

kenampakan alam dan buatan indonesia

kenampakan alam negara indonesia

kenampakan alam indonesia dan penjelasannya

jelaskan kenampakan alam negara indonesia

ciri kenampakan alam negara indonesia

jenis kenampakan alam negara indonesia

kenampakan alam yang dimiliki oleh indonesia

jelaskan kenampakan alam yang dimiliki oleh indonesia

kenampakan alam yang terdapat di indonesia ditunjukkan oleh nomor

persamaan kenampakan alam yang dimiliki oleh indonesia dan filipina

kenampakan alam indonesia perairan utara

kenampakan alam indonesia ppt

kenampakan alam indonesia pdf

kenampakan alam perairan indonesia

kenampakan alam di indonesia ppt

kenampakan alam indonesia yang terkenal

kenampakan alam di indonesia yang terkenal

kenampakan alam yang dimiliki indonesia

rangkuman kenampakan alam indonesia

kenampakan alam dataran rendah di indonesia

kenampakan alam indonesia sangatlah beragam kenampakan alam dapat berupa

kenampakan alam indonesia singapura dan malaysia

kenampakan alam indonesia sama dengan kenampakan alam kawasan

kenampakan alam indonesia sangat lengkap meliputi

kenampakan alam indonesia seperti pada gambar diatas

kenampakan alam di indonesia sebagian besar berupa

kenampakan alam indonesia terdiri dari

kenampakan alam indonesia terdiri atas

kenampakan alam indonesia terbentuk karena proses vulkanik contohnya

kenampakan alam indonesia terbentuk karena proses vulkanik

kenampakan alam indonesia terbentuk karena proses vulkanik adalah

kenampakan alam indonesia terhadap iklim

kenampakan alam indonesia terbagi dua sebutkan dan berikan contohnya

kenampakan alam indonesia terdiri dari dua bagian pokok yaitu berupa

kenampakan alam utama indonesia

kenampakan alam indonesia yang memiliki manfaat untuk plta adalah

kenampakan alam utama di indonesia

kenampakan alam di sekitar indonesia perairan utara

kenampakan alam utama di negara indonesia

sebutkan 7 kenampakan alam indonesia

perbedaan kenampakan alam indonesia dengan vietnam

video kenampakan alam indonesia

video pembelajaran kenampakan alam indonesia

kenampakan alam indonesia wilayah daratan meliputi

kenampakan alam wilayah indonesia

kenampakan alam wilayah indonesia meliputi

keragaman kenampakan alam wilayah indonesia

kenampakan alam yang terdapat di wilayah indonesia adalah

kenampakan alam indonesia yang terbentuk karena vulkanik

kenampakan alam indonesia yang mempunyai hulu dari gunung dan mempunyai hilir ke laut adalah

kenampakan alam indonesia yang mewakili wilayah paling luas adalah

10 kenampakan alam indonesia

10 kenampakan alam di indonesia

sebutkan 2 kenampakan alam di indonesia

3 kenampakan alam indonesia

sebutkan 3 persamaan kenampakan alam indonesia dengan negara filipina

kenampakan alam 34 provinsi di indonesia

tuliskan 3 contoh kenampakan alam di indonesia

sebutkan 3 contoh kenampakan alam di indonesia

4 perbedaan kenampakan alam indonesia dan singapura

4 perbedaan kenampakan alam indonesia dengan singapura

sebutkan 4 perbedaan kenampakan alam indonesia dibanding filipina

4 kenampakan alam di indonesia

sebutkan 4 persamaan kenampakan alam indonesia dan filipina

4 contoh kenampakan alam di indonesia

jelaskan 4 karakteristik kenampakan alam daratan indonesia

sebutkan 4 perbedaan kenampakan alam negara indonesia dan singapura

sebutkan 5 kenampakan alam indonesia

5 kenampakan alam di indonesia

materi kenampakan alam di indonesia kelas 5

5 kenampakan alam daratan yang ada di indonesia

6 kenampakan alam di indonesia

8 kenampakan alam

0 Response to " KENAMPAKAN ALAM INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close