Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah

 Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah

Jenis Kebutuhan Hidup

1. Kebutuhan pokok atau kebutuhan primer. Ada tiga jenis kebutuhan pokok, yaitu:

a. makanan (pangan),

b. pakaian (sandang), dan

c. tempat tinggal (papan).

2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Contoh kebutuhan sekunder, antara lain lemari, sepeda, kompor, buku, dan pena.

3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan tambahan setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier sering juga disebut kebutuhan akan barang-barang mewah. Misalnya, mobil, televisi, komputer, dan pesawat telepon.


Kegiatan Ekonomi

1. Kegiatan produksi

Kegiatan produksi merupakan kegiatan manusia yang menghasilkan barang atau jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.

2. Kegiatan konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan atau menikmati hasil-hasil produksi. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

3. Kegiatan distribusi

Kegiatan distribusi merupakan kegiatan penyaluran barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Para pelaku distribusi disebut distributor.

1. Potensi Alam di Indonesia

a. Daerah Pegunungan

Wilayah pegunungan memiliki ketinggian di atas 1500 m dari permukaan laut. Di wilayah ini keadaan tanahnya yang subur dapat dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

b. Dataran Tinggi

Dataran tinggi mempunyai ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi antara lain udaranya yang sejuk dan jenis tanahnya yang dapat ditanami berbagai tanaman.

c. Dataran Rendah

Dataran rendah mempunyai ketinggian sampai 500 meter di atas permukaan laut. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi adalah tanah dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, seperti bahan mineral dan bahan tambang.

d. Perairan Darat

Di Indonesia wilayah perairan darat dapat berupa sungai, rawa, dan danau. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan di wilayah perairan darat adalah jenis-jenis flora dan

fauna yang ada di dalamnya, bahanbahan tambang dan mineral.

e. Pantai

Pantai adalah daratan yang ada di sekitar lautan. Pantai banyak dimanfaatkan manusia sebagai objek wisata.

f. Lautan

Sumber daya alam yang didapat dalam lautan sangat banyak, di antaranya berbagai macam ikan dan tumbuhan laut. Selain itu berbagai bahan tambang dan mineral juga didapatkan dari dalam lautan.

Pemanfaatan Potensi Daerah dalam Kegiatan Ekonomi

1. Bidang Pertanian

Pertanian merupakan kegiatan mengolah tanah dan menanaminya

dengan tanaman yang bermanfaat

a. Pertanian pada lahan basah

Pertanian pada lahan basah senantiasa membutuhkan air yang banyak. Lahan pertanian ini disebut dengan sawah.

b. Pertanian pada lahan kering

Lahan yang kering ternyata dapat dimanfaatkan untuk usaha pertanian. Usaha pertanian pada lahan kering tidak membutuhkan air yang banyak. Ladang dan tegal merupakan contoh pertanian pada lahan kering.

2. Bidang Perkebunan

Tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran tinggi antara lain teh, kopi, cengkih, strowbery dan sayur-sayuran. Sedangkan tanaman yang cocok untuk perkebunan di dataran rendah antara lain kelapa, tembakau dan pepaya.

3. Bidang Peternakan

Peternakan adalah pembudidayaan hewan ternak.  Usaha bidang peternakan dibagi menjadi:

a. Ternak hewan besar, contohnya: ternak sapi dan kerbau

b. Ternak hewan kecil, contohnya: ternak kambing dan kelinci

c. Ternak unggas, contohnya: ternak itik, angsa, dan burung

4. Bidang Perikanan

Usaha perikanan merupakan usaha menangkap atau mebudidayakan ikan baik dari laut maupun dari sungai dan danau. Jenis ikan laut misalnya bandeng, pari, serta teri. Sedangkan ikan air tawar contohnya tawas, lele, nila, dan mas.

5. Bidang Perdagangan

Perdagangan adalah kegiatan membeli barang dan menjualnya kembali tanpa proses pengolahan.

6. Bidang Perindustrian

Perindustrian merupakan kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang. Kegiatan industri membutuhkan bahan baku dan tenaga manusia.

Contoh industri adalah industri tekstil, industri baja, makanan, sepatu dan industri obat. Industri juga dapat dilakukan di rumah yang disebut sebagai industri rumah tangga (home industry). Contoh hasil industri rumah tangga adalah kain batik, meja-kursi, tas, boneka, telur asin dan lain-lain.

7. Pertambangan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil tambang seperti pasir kuarsa, bijih besi, minyak bumi, emas, tembaga dan gas alam

8. Kehutanan

Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil hutan. Selain itu, kegiatan  kehutanan dapat berupa pelestarian. Hasil hutan berupa kayu, rotan, dan damar

9. Pariwisata

Kegiatan pariwisata banyak memanfaatkan potensi alam, sosial dan budaya.

 



Memanfaatkan sumber daya alam





0 Response to "Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Daerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close