RPP Daring Kelas 5 Tema 1 ST 1 PB 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD Negeri Puncel 01
Kelas /Semester : 5 / 1
Tema : 1 Organ Gerak hewan dan Manusia
Alokasi Waktu : Daring
A. TUJUAN
- Dengan membaca
teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat
menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
- Dengan
kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan
menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf
secara runtut.
- Dengan
berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas daring dibuka dengan salam, menyakan
kabar, dan mengecek kehadiran siswa secara daring dan menyampaikan kegiatan
hari ini.
2.
Kelas daring dilanjutkan dengan berdoa dipimpin
oleh seorang siswa ( Menghargai kedisiplinan siswa / PPK)
3.
Memberikan penguatan tentang pentingnya
menanamkan semangat nasionalisme dengan memberi saran untuk tetap belajar di
rumah.
4.
Mengingatkan untuk terbiasa membaca / menulis/
mendengarkan /berbicara / praktek materi non pelajaran. Sebelum memberikan
tugas, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi.
|
15 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Guru memberikan meteri melalui WA grup
2.
Siswa mengamati gambar organ gerak hewan
3.
Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara
cermat
4.
Dengan bantuan orang tuanya, siswa mengamati
hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi
organ gerak hewan-hewan tersebut.
|
|
Penutup
|
1.
Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Memberikan pesan tentang bagaimana mencegah
penularan Covid-19
|
15 menit
|
B. METODE
Pembelajaran
Daring dan Luring
C. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Internet.
2. Smartphone (WA)
3. Lingkungan sekitar.
Bahan : -
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku
Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan
Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi
selama kegiatan daring
Penilaian Pengetahuan : Tes Tulis (Hasil tugas
siswa)
Penilaian Keterampilan : Keaktifan dalam melaporkan proses kegiatan
Mengetahui
H. SUPRIYADI, S.Pd
NIP.
|
|
Puncel,30 April 2020
Guru
Kelas 2
DEDIK SETIYO WINOTO.S.Pd
NIP. 19890126 201503 1 001
|
LAMPIRAN
Tugas Mandiri Siswa
0 Response to "RPP Daring Kelas 5 Tema 1 ST 1 PB 1"
Post a Comment