Penemuan Penting yang Memecahkan Misteri Kehidupan Orang Sumba di Masa Lalu !

Yuk, Kita ke Sumba!

Wilayah kabupaten Sumba Timur di sebelah selatan merupakan daerah yang berbukit-bukit namun bertanah subur. Sedangkan di bagian utara adalah dataran berbatu yang kurang subur. Meski demikian, Sumba Timur memiliki keindahan alam yang sungguh mempesona. Padang rumput hijau membentang sepanjang mata memandang, demikian pula lautan biru di sepanjang pesisir.
Dalam penelitian kali ini, para arkeolog mengunjungi Kelurahan Lambanapu di Kecamatan Kanbera, yang hanya berjarak 6 kilometer dari Waingapu, ibukota kabupaten Sumba Timur.




Penemuan Penting yang Memecahkan Misteri Kehidupan Orang Sumba di Masa Lalu!

Manusia yang dikubur dengan sikap tubuh terlentang. Yang menarik, satu diantaranya ditutup tempayan di bagian kepalanya! Selain itu, ditemukan pula 7 tempayan besar yang juga diduga untuk penguburan. Dalam penggalian ini, para arkeolog juga menemukan pecahan gerabah, fragmen tulang dan gigi manusia, manik-manik, cangkang kerang laut dan sebuah pecahan leher kendi berhias muka. Para arkeolog pun sangat teliti dalam memperhatikan benda-benda temuan mereka.
Melalui pengamatan yang dilakukan, terdapat 2 jenis gerabah di situs ini:
1. Gerabah berwarna merah.
2. Gerabah berwarna hitam.




Meskipun demikian, keduanya menunjukkan bahwa bahan dasar dari gerabah-gerabah ini adalah tanah liat berpasir. Penemuan mencengangkan lainnya adalah ditemukannya tembikar berhias!
Teknik hias gerabah di Lambanapu dibagi menjadi 5 cara: digores, dicukil, ditoreh, ditusuk, ditekan.

Menarik bukan? Bisakah kalian membayangkan bagaimana kehidupan manusia di Lambanapu pada masa lalu?


Mengenal Kampung-Kampung Tertua di Sumba


Ternyata, para arkeolog mendapatkan banyak sekali benda-benda temuan. Hal ini sangat menggembirakan karena semakin lengkaplah data-data yang memberikan petunjuk bagaimana kehidupan nenek moyang kita di masa lalu. Diantara banyaknya temuan antara lain adalah pecahan gerabah, fragmen tulang, kerang gastropoda, kubur batu, sampai palung batu!



Penyelidikan Rangka Manusia

Masih ingat rangka manusia yang ditemukan para arkeolog? Nah, para arkeolog ini pun mencari tahu apa penyebab kematian dari manusia pemilik rangka ini. Agar lebih akurat, para arkeolog tak kehabisan akal. Mereka mengundang peneliti lain yang ahli dalam mempelajari tubuh manusia: dokter. Dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap manusia yang sudah meninggal disebut juga ahli forensik.


Siapa leluhur dari orang Sumba secara pasti memang belum dapat dijelaskan saat ini. Namun, dilihat dari karakter fisik rangka-rangka yang ditemukan, mereka memiliki ras Monggolid yang kuat bercampur dengan ras Austromelanesid. Data sementara ini selaras pula dengan hasil analisa DNA yang dilakukan oleh Lembaga Eijkman.
Hasilnya memperlihatkan adanya percampuran antara kedua ras tersebut. Bahkan, diantara ras Monggolid diperkirakan mengalami percampuran dengan kelompok penutur Austronesia dan Austroasiatik. Keragaman genetika ini didukung pula dengan hasil studi bahasa Sumba di mana 35% diantaranya merupakan bahasa Austronesia, sedangkan 65% adalah bahasa non-Austronesia, yaitu Papua.

Memecahkan Misteri Kehidupan Manusia di Masa Lalu?

Awalnya, arkeolog akan melakukan penggalian di tempat-tempat yang diduga terdapat peninggalan masa lalu. Metode ini dinamakan ekskavasi. Ekskavasi dilakukan dengan cara menggali tanah dan membuat kotak galian yang umumnya seluas 1 x 1 meter persegi terlebih dahulu.
Eits…tapi tunggu dulu! Penentuan kotak penggalian tidak bisa dilakukan sembarangan. Para arkeolog menggunakan kompas untuk menentukan posisi penggalian. Kini, teknologi semakin maju, sehingga para arkeolog sudah mempergunakan GPS (Geographic Positioning System) untuk mengetahui arah atau titik koordinat dari tempat yang diduga terdapat peninggalan purbakala. Agar lebih akurat,para arkeolog juga mempergunakan perekaman 3 dimensi yang kemudian dianalisa dengan komputer.



Bagaimana Kehidupan Masyarakat Sumba di Masa Lalu?

Tradisi megalitik merupakan seuatu adat kebiasaan di mana suatu masyarakat merealisasikan pemahaman budayanya dengan melakukan pendirian bangunan-bangunan dari batu untuk tujuan tertentu, terutama terkait dengan kepercayaan spiritual.

Tradisi ini dikenal dalam perkembangan peradaban manusia di berbagai tempat: Timur Tengah, Eropa, Asia Selatan, Asia Timur, Asia Tenggara, sampai kawasan Polinesia.

Para penutur Austronesia memegang peranan penting dalam mengembangkan budaya megalitik yang unik, berbeda dengan tradisi megalitik di belahan bumi lainnya. Hingga kini, tradisi megalitik masih sangat kuat mengakar dalam nilai-nilai kearifan lokal berbagai suku di Nusantara. Tak terkecuali di Sumba.



Masyarakat Sumba yang Relijius dan Penuh Semangat Gotong Royong

adalah masyarakat yang sangat spiritual. Mereka memiliki kepercayaan terhadap adanya kekuatan supranatural yang berupa mahluk halus, arwah leluhur dan dewa pelindung. Sumba merupakan wilayah yang kaya akan peninggalan megalitik yang mana hal ini terkait dengan aktifitas masyarakat dalam pemujaan arwah leluhur.
Pemujaan terhadap arwah leluhur inilah yang menjadi dasar pendirian bangunan-bangunan megalitik yang masih dilakukan sampai sekarang.



Dalam mendirikan bangunan megalitik itulah upacara ‘tarik batu’ dilaksanakan. Masyarakat mencari batu untuk bangunan dan memahatnya sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah itu batu ditarik bersama-sama menuju tempat yang diinginkan. Karena besarnya batu tersebut, maka diperlukan ratusan orang untuk menariknya.
















asal orang sumbawa
asal usul orang sumba
asal usul orang sumbawa
asal usul orang sumba timur
sejarah asal orang sumba
asal usul nenek moyang orang sumba
orang sumbawa
orang sumba berasal dari
orang sumba sejak zaman dahulu sudah banyak memiliki mata uang inggris karena
orang sumba menyebut malaka sebagai
orang sumbawa terkenal
orang sumbar terkaya
orang sumbar meninggal di papua
orang sumbar
orang sumba jaman dulu
orang sumba suka memuji tuhan
orang sumba adat
belis orang sumba
agama orang sumba
budaya orang sumba
bahasa orang sumba
kasus orang sumba di bali
ciri orang sumba
orang terkaya di sumba
orang terkaya di sumba timur
orang kaya di sumba
karakter orang sumba
kuburan orang sumba
kebiasaan orang sumba
kepercayaan orang sumba
kehidupan orang sumba
leluhur orang sumba
orang mati bangkit lagi di sumba barat daya
marga orang sumba
mahar orang sumba
makanan orang sumba
nama orang sumba
perhiasan orang sumba
pernikahan orang sumba
pemakaman orang sumba
orang terkaya di pulau sumba
kebiasaan orang sumbar
marga orang sumbar
orang terkaya di sumbar
orang bunian sumbar
orang terkaya di sumbar 2019
sifat orang sumba
sejarah orang sumba
asal usul orang sumba timur
tradisi orang sumba
tentang orang sumba
watak orang sumba
nama nama orang sumbawa
karakter orang sumbawa
sifat orang sumbawa
asal usul orang sumbawa
watak orang sumbawa



0 Response to "Penemuan Penting yang Memecahkan Misteri Kehidupan Orang Sumba di Masa Lalu !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close