Situs Gunung Padang


Situs Gunung Padang merupakan sebuah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Cianjur, Jawa Barat. Situs Gunung Padang memiliki banyak sekali menhir yang tersusun bagai punden berundak yang terbagi ke dalam lima teras. Susunan batu tersebut mirip dengan teknologi Situs Machu Pichu di Peru.




Yang mengejutkan dari penemuan Situs Gunung Padang ini, yaitu umur susunan batu yang berbeda-beda dari setiap lapisannya. Lapisan teratas berumur lebih muda, yaitu 500 tahun SM, ada pula lapisan yang berumur 7.000 tahun SM. Bahkan, jika dihitung hingga lapisan terbawah, usia Situs Gunung Padang diperkirakan sekitar 13.000 tahun. Itu artinya, peradaban di Situs Gunung Padang lebih tua dari peradaban Mesopotamia dan Piramida Giza di Mesir, yang selama ini dipercaya sebagai peradaban tertua di dunia.

ika dibandingkan dengan Candi Borobudur, yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia, luas Gunung Padang diperkirakan lebih besar 10 kali lipat. Para peneliti meyakini, peradaban Gunung Padang adalah yang tertua namun lolos dari catatan sejarah.



0 Response to "Situs Gunung Padang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close