SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS


Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir
abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan
perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit


2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau
penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyaikecerdasan...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang peserta didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan peserta didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip 
pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang 
mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan strategi pembelajaran
D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan 
spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan 
mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan 
Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil 
perilaku dan pribadi peserta didik. 
B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang 
paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan 
teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan 
ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara peserta didik 
C. pembelajaran didominasi arahan dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL
berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah
kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka
dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan 
antara lain ……
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu 
……..
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk , 
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus 
dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, 
mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling 
memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan 
pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan 
kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan 
dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi 
sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan 
berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, 
mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan 
tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan 
pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat 
pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi 
siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar 
optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat 
variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah 
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar 
peserta didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan 
pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut 
penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melakukan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, 
penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh peserta didik. Adapun instrumen yang di 
gunakan dalam penilaian tersebut adalah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil belajar mencakup kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, 
kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melakukan prosedur
D. pemecahan masalah dan sikap

19) Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk 
menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok belajar dan memeberikan tugas kepada tiap 
kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memberikan tugas dan fungsi tertentu 
sehingga jika salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut 
tidak dapat di selesaikan . karakteristik dari strategi pembelajaran tersebu adalah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran langsung (direct teaching)
D. belajar kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama 
yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk 

22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman 
jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani memeriksa laporan hasil observasi 
siswa. Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil 
belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan 
siswa memeiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam 
upaya guru:
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24) Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukanketuntasan belajar antara lain 
sebagai berikut ………
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang 
diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan 
riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia……...
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

26) Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas 
dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya belajar para siswa tersebut 
adalah…….
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas

27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. sebenarnya dan sejujunya

28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur ,hal 
tersebut merupakan prinsip penilaian yang ……
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda 
kedua akan berputar jika roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18

30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan 
suatu obyek atau program adalah ….
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian

31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut…..
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas

32) Etika Pancasila adalah …..
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses 
pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran

34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah (1) meningkatkan proses belajar 
mengajar, (2) menggunakan rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus 
memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) mencakup proses refleksi dan 
partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses belajar mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru

35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi mobil angkot. Dua penumpang yang 
masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena 
penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka 
adalah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang 
dilakukan tidak menggunakan bahasa. Mereka menggunakan jari-jari tangan untuk 
berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di 
atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik

36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan 
ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi 
kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi 
mengangkat-angkat badannya seolah-olah memberi tanda untuk minta digendong. Ketika 
itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan merasakan bahwa dunia ini tempat 
orang saling berbagi rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan 
lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak

37) Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

38) Bahasa Indonesia Baku adalah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa 
Indonesia yang sedang berlaku. 
Penggunaan huruf miring pada kalimat di atas digunakan untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah

39) Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka 
akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu 
digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan 
fungsi....
A. Sebagai lambang kebanggaan kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional

40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan 
digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia 
sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang digunakan dalam peristiwa kenegaraan
D. Bahasa pengantar di lembaga pendidikan

41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning

42) Teman-teman, pernah punya pengalaman seperti Fikri, nggak? Sewaktu dia bermain di 
sungai bersama teman-temannya, dia mnginjak batu sungai yang licin. Akibatnya dia 
terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, 
teman-teman tahu nggak, mengapa batu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di 
darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas menggunakan ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah

43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini adalah ............
A. Kita sekarang memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, sekarang memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita sekarang memerlukan meja, kursi dan lemari.
D. Kita sekarang memerlukan meja kursi dan lemari ?
44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melakukan aktivitas lain tidak mampu menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melakukan aktifitas lain mampu menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak mampu menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata dapat menanggapi secara tepat


45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang dapat digunakan 
kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga 
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

46) Berikut diberikan studi kasus :
Mula – mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata 
yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan 
akhirnya atas huruf – hurufnya.Kemudian huruf – huruf itu kita sintetiskan kembali 
menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi 
kasus metode membaca permulaan yang tepat digunakan adalah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

47) Memilihberbagai metode menulis permulaan 
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan huruf lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas adalah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global

48) Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi 
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis tentang berbagai topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo

49) Kegiatan mementaskan lakon atau cerita biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah 
dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan 
pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi

50) 1) Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan 
menyilaukan mata.
2) Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati.
4) Tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas agar menjadi paragraf yang padu adalah ... 
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1

51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak

53) Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan 

54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau. 
Mereka adalah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan 
Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri 
kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo 
memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang 
merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak 
indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja 
pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung 
Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-
temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia lalu berjalan ke tepi hutan. Di 
tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai 
Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka 
menyesali kesombongannya.
Amanat yang dapat kita petik dari cerita tersebut adalah ...
A. Kita tidak boleh menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita tidak boleh memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.

55) Perhatikan cuplikan dialog berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi tugas kalian bisa sama persis, 
bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya tulus saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan 
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( lama Aline dan Chelsea terdiam )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak 
mengerjakan tugas karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas adalah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana 

56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368

57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, jika f (a) = 10, 
hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
58) 

59) Harga 2 koper dan 5 tas adalah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah 
Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas adalah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00

60)Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama 
dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut adalah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12

61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 
sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000. 
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000

62)
JIka besar sudut a adalah 70 derajat maka besar sudut e adalah … derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120

63) Perhatikan sifat-sifat bangun datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang adalah ….
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64)

65) Novi mengendarai mobil dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 
km/jam, sedangkan Ima mengendarai mobil dari Blora menuju Semarang dengan 
kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora adalah 125 km dan mereka 
berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30

66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut adalah 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data 
tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5

67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama 
turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang sampai di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa 
banyak penumpang yang naik pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11

68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut 
adalag 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m

69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut adalah 110 dan 150. Suku 
ke 30 barisan tersebut adalah ….
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344
70)

71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam 
konteksmateri Geometri
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046

72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam 
konteksmateri pengukuran
Sebuah bak mandi diisi air mulai pukul 07.20 sampai dengan pukul 07.50 dengan debit air 
10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam bak mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter

73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam 
konteksmateri Statistika
Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa adalah 6,50. Ketika nilai satu orang 
siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan 
adalah ….
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10

74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam 
konteks materi Logika/Penalaran Matematika
Dari pernyataanberikutini, manakah yang merupakaningkarandaripernyataanJakarta 
Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI

75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan
Bu Ani ingin mengajarkan kepada anak – anak kelas 1 tentang nilai tempat suatu bilangan 
(satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat digunakan Bu Ani dalam 
Pembelajaran tersebut adalah…
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku

76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan pengukuran
Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan 
meter.Alat peraga yang sebaiknya digunakan supaya pembelajaran menarik adalah…
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran
Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala 
terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita menggunakan mistar atau penggaris, maka 
ketidakpastiannya adalah sama dengan….
A. 0,05 cm C. 0,1 cm
B. 0,01 cm D. 1 cm

78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta 
dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut
Bu,fitri adalah guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memberikan pelajaran 
IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak –
anakberbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga.Sambil 
diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan 
salam.
Sebelum memberikan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi 
yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangun tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan 
dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri adalah
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak – anak hanya diam saja saat diberi pertanyaan dalam pembelajaran karena guru 
kurang memotivasi anak
D. Guru memberikan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan kasus contoh
Hari selasa, saat pelajaran IPS pak Sunarto akan memberikan materi pada anak- anak 
tentang silsilah keluarga. Waktu pelajaran adalah 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan 
tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa 
untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota 
keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut- sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan bagan dan foto silsilah keluarga. Anak- anak 
mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto 
melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak 
Sunarto mengakhiri penjelasan dengan memberikan pertanyaan pada siswa “ apakah 
kalian sudah mengerti semua tentang silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?” 
Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang jelas atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memberikan tugas kepada siswa agar dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto 
yakin, pasti nialai anak- anak memuaskan karena anak- anak berhasil menjawab 
pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan tugas yang di 
jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama- nama pada bagan silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan setelah di koreksi ternyata 
hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapatkan nilai hasil evaluasinya di bawah 
rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali…..
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan 
penugasan 
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran

80) Membedakan pengertian IPSdan Ilmu social
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat 
dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan 
pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, 
Skill, dan Knowledge). 
B. Ilmu Pengetahuan Sosial menetapkan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, 
sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, 
attitude, Skill, dan Knowledge). 
C. Ilmu-Ilmu Sosial adalah bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi 
obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu 
Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner 
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi/universitas, sedang Ilmu 
Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah. 

81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD
Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu

82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD
Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolongsiswauntukmengembangkanbakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan cita-cita yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakankesempatankepadasiswauntukberekspresi lingkungan masyarakat
D. MemberikankepadaSiswapengetahuantentangpengalamanmanusiadalamkehidupanber
masyarakatpadamasalalu, sekarangdanmasaakandatang

83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan 
merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . . 
A. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang 
merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman peserta didik terhadap landasan sikap yang akan 
ditempuhnya 
C. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan 
didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah 
sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia setelah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

85) Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal 
kasus)
Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial memiliki kaitan dan sumbangan kepada 
ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang 
menggunakan teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering 
digunakan sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti

86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari
Eko adalah siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas 
menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan 
Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar karena Togar orang Batak sedangkan di 
orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully karena Rully bukan teman dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka karena mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun karena semua adalah teman

87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila
Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana 
kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke-
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima 

88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan kasus salah satu 
suku bangsa di Indonesia)
Bangsa Indonesia memiliki ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing-
masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional.
Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan alas kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui 
D. Suku Dayak

89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus)
Negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. 
Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia adalah . . . 
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep 
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan

90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD
Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan 
Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan mudah 
diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus digunakan pak 
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio

91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut adalah 
manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah dapat memberikan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah dapat dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah dapat mengetahui kejadian masa lampau

92) Apakah persamaan hubungan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan manusia sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya menunjukkan proses yang mencakup keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, 
agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal 
Ikan dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-
Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009

94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan 
bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan 
karena berbagai keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi 
sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa bahan mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapatkan pembelajaran dan 
pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih

95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan 
buatan. Dimana keduanya memiliki manfaat dan tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam

96) Dibawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi

97) Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan 
perubahan penampilan fisik setelah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini adalah contoh 
serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut

98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, 
bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit

99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya adalah dengan melakukan reboisasi 
atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan

100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah basah dan sampah kering. Hal yang 
paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka




KUNCI JAWABAN
1. B
2. A
3. D
4. C
5. B
6. A
7. B
8. A
9. C
10. C
11. D
12. B
13. C
14. A
15. C
16. A
17. C
18. D
19. C
20. A
21. D
22. D
23. B
24. D
25. C
26. A
27. B
28. D
29. A
30. B
31. A
32. A
33. C
34. D
35. B
36. A
37. C
38. B
39. C
40. D
41. A
42. C
43. C
44. B
45. D
46. B
47. C
48. C
49. D
50. C
51. A
52. C
53. A
54. A
55. B
56. B
57. B
58. C
59. B
60. B
61. D
62. C
63. D
64. B
65. B
66. C
67. A
68. D
69. B
70. A
71. A
72. A
73. B
74. A
75. B
76. A
77. A
78. C
79. D
80. D
81. B
82. D
83. B
84. C
85. D
86. D
87. D
88. C
89. A
90. A
91. B
92. A
93. C
94. C
95. A
96. D
97. A
98. C
99. B
100. B

0 Response to "SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close