Soal Penilaian Harian Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan


Tema         : 7. Kebersamaan
Subtema    : 2  

A. BERILAH TANDA SILANG PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN
YANG PALING BENAR!
1.      Contoh kebersamaan yang perlu dibiasakan di sekolah adalah ....
a. bekerja sama dalam mengerjakan ujian
b. mengerjakan PR bersama-sama di sekolah
c. mengerjakan piket kelas sesuai dengan regu piket masing-masing
2.      Upacara bendera merupakan salah satu bentuk kebersamaan di sekolah yang biasa dilakukan setiap hari ....
a. Senin                            b. Kamis                                  c. Sabtu
3.      Yang bertugas sebagai pemimpin upacara di sekolah adalah ....
a. guru                              b. kepala sekolah                     c. siswa
4.      Berikut yang bukan merupakan contoh hidup rukun di kelas adalah ....
a. menghargai teman yang berasal dari suku bangsa lain
b. tidak mau bergaul dengan teman yang berbeda agama
c. mengerjakan tugas piket dengan penuh tanggung jawab
5.      Piket kelas harus dikerjakan oleh ....
a. siswa laki-laki               b. siswa perempuan     c. siswa laki-laki dan perempuan
6.      Kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab ....
a. semua siswa                  b. semua guru              c. semua warga sekolah
7.      Sebelum pelajaran dimulai, sebaiknya ....
a. upacara                                     b. jajan                                     c. berdoa
8.      “Selamat pagi, Bu Guru,” kata Adi ketika berpapasan dengan Bu Guru di depan ruang perpustakaan. “Selamat pagi, Adi,” Balas Bu Guru sambil tersenyum.
Kata sapaan yang diucapkan Adi adalah ....
a. tersenyum                                 b. bu guru                                c. berpapasan
9.      Gambar di bawah ini yang menunjukkan pecahan  adalah ....
10.   Perhatikan gambar di samping!
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan ....
 

11.  Perhatikan gambar berikut!
Bentuk pecahan yang menyatakan banyak anak perempuan dibanding dengan jumlah seluruh anak  pada gambar di samping adalah ....
 
12.  Di atas piring terdapat sebuah apel dan tiga buah jeruk. Banyak apel dibanding dengan semua buah yang ada di atas piring adalah .... bagian
13.  Sesuatu yang terkandung dalam dongeng yang dapat kita jadikan pelajaran adalah ....
a. alur                               b. hikmah                                c. tokoh
14.  Andi berasal dari Banten. Made berasal dari Bali. Arman berasal dari Aceh.
Andi, Made, dan Arman berbeda ....
a. jenis kelamin                 b. bahasa nasional                   c. suku bangsa
15.   Salah satu gerakan yang terdapat dalam Tari Kijang adalah menggerakkan tangan ke samping kanan dan kiri serta posisi kaki bengkok. Gambar di bawah ini yang sesuai dengan gerakan tersebut adalah ....

B. ISILAH TITIK-TITIK DIBAWAH INI DENGAN JAWABAN YANG BENAR!
16.  Mengapa kebersamaan di sekolah perlu dibiasakan?
....................................................................................................................................
17.  Sebutkan 2 contoh kebersamaan yang biasa kamu lakukan di sekolah!
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
18.  Kebersamaan dapat mempererat ...............................................................................


19.  Sebutkan 2 manfaat hidup rukun di sekolah!
...................................................................................................................................
...................................................................................................................................
20.  Bagaimana sikapmu jika ada salah satu teman di kelasmu berasal dari daerah / suku bangsa lain?
........................................................................................................................................
Bacaan untuk menjawab soal nomor 21 sampai 24!


Kelinci dan Kura-Kura
Pada suatu hari di sebuah hutan, ada seekor kura-kura yang berniat untuk menantang seekor kelinci yang dikenal sombong dalam pertandingan adu cepat berlari. Kura-kura berani menantang kelinci karena sebelumnya telah dihina oleh kelinci. Kura-kura dianggap sebagai binatang yang lamban dan bodoh.
Saat mendengar tantangan dari kura-kura, kelinci pun tanpa pikir panjang menerima tantangan tersebut dengan penuh percaya diri. “Bodohnya kura-kura ini menantangku berlari, padahal sudah jelas pemenangnya adalah aku”, ucap kelinci dalam hatinya. Kelinci pun meninggalkan kura-kura dengan senyum sinisnya.
Keesokan harinya telah disiapkan jalur panjang yang akan dilewati keduanya untuk adu lari. Hewan-hewan yang lain sudah penasaran untuk menonton perlombaan itu. Dukungan hewan yang lain ditujukan kepada kura-kura yang memang baik hati sekaligus mereka juga kesal dengan perilaku sombong kelinci.
Bertugas sebagai wasit, seekor kera yang didaulat pun memberikan aba-aba sebagai tanda dimulainya perlombaan. Dalam waktu yang singkat kelinci jauh memimpin, namun kura-kura tak menyerah begitu saja. Kura-kura semakin cepat berlari.
Beberapa saat pun berlalu. Setelah berlari dengan kencangnya, kelinci merasa lelah di tengah perjalanan. Dia bergumam, “Kura-kura masih jauh di belakangku, rasanya aku bisa istirahat sebentar untuk memulihkan tenaga”. Kelinci bersandar di bawah pohon dan tertidur disana.
Beberapa waktu kemudian ia terbangun dan terkejut, kelinci berharap kura-kura masih dibelakangnya. Dengan cepat kelinci berlari menuju garis finish. Kelinci masih yakin akan kemenangannya menghadapi kura-kura. Namun kenyataan berkata lain, kura-kura sudah sampai terlebih dulu di garis finish. Ternyata kelinci tertidur cukup lama di bawah pohon, sehingga kemenangan pun didapatkan kura-kura. Semuanya bersorak gembira, kelinci akhirnya pergi dengan malu.


21.  Siapakah tokoh yang diceritakan dalam dongeng di atas?
....................................................................................................................................
22.  Dimanakah tempat terjadinya peristiwa dalam cerita tersebut?
....................................................................................................................................
23.  Bagaimanakah watak / sifat yang dimiliki kelinci?
....................................................................................................................................
24.  Siapakah yang akhirnya memenangkan perlombaan tersebut?
...................................................................................................................................
25.  Perhatikanlah gambar disamping!

Banyak bintang pada gambar di samping ada .......
Banyak bintang yang diarsir dari seluruh gambar
bintang menunjukkan pecahan .......



0 Response to "Soal Penilaian Harian Kelas 2 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close