Bisakah kita menghidupkan kembali hewan yang sudah punah?






Kita akan membahas mengenai binatang purba yang sudah lama punah seperti dinosaurus hewan-hewan lainnya, tapi sebelumnya kalian pernah melihat gambar-gambar binatang purba ? kalian pernah melihat lewat foto buku pelajaran ataupun internet?

Pernah gak sih kalian keinginan buat melihat mereka Langsung?

Kira-kira apa jadinya kalau binatang-binatang itu hidup kembali dan tinggal berdampingan dengan manusia di zaman ini ?

Menghidupkan kembali binatang purba


Teman-teman kalau menghidupkan kembali binatang purba kayaknya nggak mungkin. Ya mana mungkin kita menghidupkan makhluk yang sudah mati . Yang mungkin terjadi adalah kita melakukan De extension atau proses membawa kembali makhluk hidup dari kepunahan selama ini. De extension hanya menjadi sebuah hipotesis dan teori,  tapi tidak lama lagi hal ini akan bisa diwujudkan oleh kita.

Tapi kemungkinan untuk melakukan ini akan berlangsung selama ribuan tahun sih yang jelas hal ini akan terjadi. Untuk melakukan De extension para ilmuwan memerlukan DNA yang memiliki umur tertentu agar proses ini bisa berhasil maka kita mengatakan bahwa DNA tidak akan bisa terbaca lagi setelah umur 1,5 juta tahun jika lebih dari itu. maka DNA tersebut tidak dapat digunakan. Dinosaurus adalah binatang purba yang punah 65000000 tahun yang lalu maka dinosaurus tidak memenuhi syarat untuk eksperimen ini ya sayang sekali


Tapi jangan sedih dulu jika kita memiliki spesies yang lebih mudah dan DNA bisa terbaca , para ilmuwan bisa menggunakannya dalam pengeditan DNA. satu-satunya cara agar Upaya ini dapat berhasil adalah dengan menggabungkan DNA suatu spesies yang sudah punah dengan binatang yang memiliki kemiripan gen yang hidup pada masa sekarang ini.  kalau gitu kira-kira Binatang apa saja ya yang memenuhi syarat untuk De extension ini?

DNA spesies menurut penelitian ternyata ada beberapa binatang yang memenuhi syarat De extension yang pertama adalah Mamot, mamot masih ada 3600 tahun yang lalu, binatang besar yang berbulu dan mirip seperti gajah.

Kita  percaya bahwa Spesies ini sebenarnya bisa selamat dari kepunahan jika Bukan karena manusia memburu mereka. De extension Mamak bisa berhasil adalah dengan menggunakan diri dari mamot dengan gajah yang masih hidup sampai saat ini dari waktu ke waktu ini akan berubah menjadi Mamot sepenuhnya. Mungkin memang membutuhkan waktu beberapa ribu tahun Seiring berjalannya waktu.

Kalau memang cara yang dilakukan oleh para ilmuwan berhasil Coba kalian bayangkan Berapa banyak hewan yang sudah punah yang bisa kita kembalikan lagi keberadaannya seperti beruang wajah pendek, raksa setinggi 12 kaki, anjing tidak berambut dan tentu saja burung dodo dan Kalian juga harus berhati-hati tentunya dengan harimau sabertooth yang mungkin bakalan ada di sekitar tempat tinggal kalian


Tapi kalau misalkan hewan-hewan yang hidup kembali apa yang akan terjadi ya?

Yang pertama kerusakan ekosistem teman-teman Salah satu hal yang akan terjadi jika kita menghidupkan lagi binatang yang sudah punah adalah kerusakan ekosistem.

Kok bisa?

Coba kalian bayangkan kalau ternyata ketika kita membawa kembali makhluk hidup yang sudah punah memangnya kita mampu mengontrol mereka maksudnya mengontrol sepenuhnya. Tentu kita bisa mengontrol mereka kalau mereka masih dalam area penelitian kita.

Terus gimana kalau mereka sudah dilepaskan? kemungkinan yang akan terjadi adalah binatang ini akan melakukan kawin silang dengan binatang lain misalkan beruang wajah pendek akan kawin dengan beruang lain yang memiliki spesies berbeda bukannya memperbanyak spesies beruang wajah pendek yang ada kita malah menciptakan spesies baru lalu hal yang paling buruk dan mungkin terjadi adalah beberapa populasi binatang akan punah

Coba bayangkan kalau Binatang ini memangsa binatang binatang lain yang jumlahnya sedikit lama-kelamaan binatang itu akan punah dan yang terjadi adalah rusaknya rantai makanan yang sudah tersusun pada saat ini. Apalagi kalau misalkan kita berhasil mengembalikan dinosaurus Apa kalian yakin kalau kita bisa hidup berdampingan dengan dinosaurus?

Memiliki kehidupan yang singkat

Kemungkinan lain yang akan terjadi jika kita menghidupkan kembali spesies binatang yang sudah punah adalah mereka tidak dapat hidup dengan lama. Kenapa bisa begitu karena mereka tidak akan bisa menyesuaikan diri dengan alam kita pada saat ini, mereka tidak akan terbiasa dengan Cuaca dan udara kita pada saat ini dan mereka mungkin tidak dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan kuman sel sel serta penyakit yang mungkin akan menyakiti mereka dan perlu kita ketahui binatang-binatang tersebut mempunyai rantai makanannya sendiri. Jika sumber makanan yang mereka butuhkan tidak ada maka mereka akan kesulitan mencari makanan untuk bertahan hidup yang artinya jika kita ingin menghidupkan kembali binatang yang sudah punah kita harus menghidupkan semua spesies binatang pada saat binatang itu hidup untuk menjaga rantai makanan yang cukup

Kesimpulan

Dalam menghidupkan kembali binatang yang sudah punah kita memiliki beberapa pertimbangan Mungkin kalian berpikir Seiring dengan berjalannya waktu Binatang ini bisa menyesuaikan diri, tapi jangan kesampingkan juga ya jutaan kemungkinan yang akan terjadi pada binatang ini dan ada yang harus kalian pertimbangkan lagi datanya kan lagi kalau memang kita ingin sekali menghidupkan binatang-binatang yang sudah punah. Emangnya untuk apa kalau memang hanya untuk hiburan Buat beberapa kalangan orang emangnya perlu dan apa sebanding dengan usaha kita

Hal terbaik dalam melakukan De extension adalah bukan menghidupkan kembali binatang yang sudah punah kecuali jika memang binatang tersebut berperan penting dalam ekosistem ini yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga binatang yang pada saat ini masih ada agar tidak punah.



0 Response to "Bisakah kita menghidupkan kembali hewan yang sudah punah?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close