20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 15 SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, Review)
SQ3R
(Survei, Question, Read, Recite, Review)
·
LANGKAH-
LANGKAH:
1) Survei (penelaahan
pendahuluan),
2) Question (bertanya),
3) Read (baca),
4) Recite (mengutarakan kembali),
5) Review (mengulang kembali).
PROSEDUR
PELAKSANAAN:
Langkah 1 : Survey
Sebelum
membaca, biasanya orang menyediakan waktu beberapa menit untuk mengenal
keseluruhan anatomi buku. Caranya dengan membuka-buka buku secara cepat dan
keseluruhan yang langsung tampak. Anatomi buku meliputi (1) bagian pendahuluan,
seperti halaman judul (judul, nama pengarang, penerbit, tempat penerbit, tahun
terbit, dan sebagainya), daftar isi, halaman ucapan terima kasih, daftar tabel,
dan daftar gambar (jika ada), barangkali juga halaman yang berisi persetujuan
yang berwenang menerbitkan buku tersebut, dan abstraksi; (2) bagian isi buku,
yang menggambarkan urutan dan tata penyajian isi buku; (3) bagian akhir buku,
yaitu berisi kesimpulan, saran atau rekomendasi, daftar pustaka, dan indeks.
Semua
unsur dilihat secara sekilas, minimal untuk memberikan gambaran isi,
kemenarikan, dan kemanfaatannya. Buku yang baik (bersifat ilmiah) hendaknya
mengandung bagian-bagian buku tersebut. Jadi, dalam membaca buku tidak langsung
masuk ke dalam batang tubuh bacaan tersebut.
Langkah 2 : Question
Pada
saat kita menghadapi sebuah bacaan, pernahkah kita mengajukan pertanyaan pada
diri sendiri tentang hal-hal yang berkaitan dengan bacaan?
Pertanyaan-pertanyaan itu dapat menuntun kita memahami bacaan dan mengarahkan
pikiran pada isi bacaan yang akan dimasuki sehingga kita bersikap aktif. Kita
tidak hanya mengikuti apa saja yang dikatakan pengarang. Kita boleh mengkritik
dan mempertanyakan apa yang dikatakan pengarang sambil nanti melihat buktinya
Langkah 3 : Read
Setelah
kita menyurvei dan merumuskan pertanyaan-pertanyaan, kita mulai melakukan
kegiatan membaca. Tidak perlu semua kalimat, kita dapat membaca dengan dituntun
oleh pertanyaan-pertanyaan yang telah dirumuskan. Perlambat cara membaca kita
pada bagian-bagian yang penting atau yang kita anggap sulit dan percepat
kembali pada bagian-bagian yang tidak penting atau yang telah kita ketahui.
Dengan demikian, kegiatan membaca kita relatif lebih cepat dan efektif, tetapi
pemahaman yang menyeluruh tentang bacaan atau buku tersebut telah kita
dapatkan. Pada langkah ini konsentrasi diri sangatlah penting.
Langkah 4 : Recite
Setiap kita selesai membaca satu
bagian berhentilah sejenak. Buatlah catatan-catatan penting tentang bagian yang
dibaca itu dengan kata-kata sendiri, lakukan itu terus sampai kita selesai
membaca. Catatan itu dapat berupa kutipan, simpulan, atau komentar kita. Jika
kita masih mengalami kesulitan, ulangi sekali lagi bagian yang sulit itu.
Catatan-catatan tersebut akan membantu kita untuk mengingat apa yang sudah
dibaca agar tidak sampai terjadi begitu selesai membaca hilang pula apa yang
telah kita baca.
Langkah 5 : Review
Setelah kita selesai membaca buku
secara keseluruhan, tinjau kembali hal-hal penting yang telah kita baca.
Temukan bagian-bagian penting yang perlu untuk diingat kembali, terutama
hal-hal yang telah diberi tanda atau digarisbawahi. Pengulangan kembali ini
akan membantu daya ingat kita untuk memperjelas pemahaman terhadap bacaan, juga
membantu menemukan hal penting yang mungkin terlewat sebelumnya. Selain itu,
kita juga mendapatkan isi buku secara keseluruhan. Dari uraian di atas, kita
mengetahui bahwa kegiatan membaca dengan menggunakan metode SQ3R akan lebih
efektif dan efisien serta memungkinkan memberi hasil yang maksimal.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 15 SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, Review)"
Post a Comment