20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 14 Listen Read Discuss (LRD)


Listen Read Discuss (LRD)
(Dengar-Baca-Diskusi)

Langkah-langkah :
1.      Siswa mendengarkan ceramah pendek
2.      Siswa membaca teks
3.      Siswa membentuk kelompok
4.      Siswa diberikan pertanyaan oleh guru
5.      Siswa melakukan diskusi


Prosedur Pelaksanaan:
1.  Mendengarkan ceramah pendek yang disampaikan guru. Sebuah panduan atau media gambar dapat digunakan untuk membantu siswa mengikuti informasi yang guru bacakan.
2. Para siswa kemudian membaca teks mengenai informasi yang semula dibacakan oleh guru. Penjelasan dari guru tadi dibandingkan dengan pemahaman siswa setelah membaca teks tersebut. Guru harus membiarkan siswa tahu bahwa tujuan untuk membaca adalah agar siswa mendapat penjelasan atau pemahaman lain dari topik yang baru saja siswa dengar dari guru. Dengan kata lain siswa dapat memberikan penafsiran yang berbeda dari yang ia dengar dari guru.
3. Siswa membentuk kelompok besar/kecil dan melakukan diskusi tentang teks tersebut. Kelompok besar terdiri dari 5 atau lebih anak sedangkan kelompok kecil beranggotakan kurang dari 5 anak
4. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong siswa untuk saling berdiskusi dalam kelompok serta siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan. Dalam diskusi siswa mungkin bisa diminta menyelesaikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk lebih mengembangkan pemahaman siswa.
5. Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi kelompok ke depan kelas. Setelah itu, siswa melakukan diskusi bersama guru untuk membahas pertanyaan atau LKS yang disampaikan oleh guru sehingga terbentuk satu opini yang sama dalam satu kelas

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 14 Listen Read Discuss (LRD) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close