20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 14 Listen Read Discuss (LRD)
Listen
Read Discuss (LRD)
(Dengar-Baca-Diskusi)
Langkah-langkah
:
1. Siswa
mendengarkan ceramah pendek
2. Siswa membaca
teks
3. Siswa membentuk
kelompok
4. Siswa diberikan pertanyaan oleh guru
5. Siswa melakukan diskusi
Prosedur
Pelaksanaan:
1. Mendengarkan
ceramah pendek yang disampaikan guru. Sebuah panduan atau media gambar dapat
digunakan untuk membantu siswa mengikuti informasi yang guru bacakan.
2. Para siswa kemudian membaca teks mengenai informasi
yang semula dibacakan oleh guru. Penjelasan dari guru tadi dibandingkan dengan
pemahaman siswa setelah membaca teks tersebut. Guru harus membiarkan siswa tahu
bahwa tujuan untuk membaca adalah agar siswa mendapat penjelasan atau pemahaman
lain dari topik yang baru saja siswa dengar dari guru. Dengan kata lain siswa
dapat memberikan penafsiran yang berbeda dari yang ia dengar dari guru.
3. Siswa membentuk kelompok besar/kecil dan melakukan
diskusi tentang teks tersebut. Kelompok besar terdiri dari 5 atau lebih anak
sedangkan kelompok kecil beranggotakan kurang dari 5 anak
4.
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong siswa untuk saling
berdiskusi dalam kelompok serta siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan.
Dalam diskusi siswa mungkin bisa diminta menyelesaikan Lembar Kegiatan Siswa
(LKS) untuk lebih mengembangkan pemahaman siswa.
5.
Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusi kelompok ke depan kelas. Setelah
itu, siswa melakukan diskusi bersama guru untuk membahas pertanyaan atau LKS yang
disampaikan oleh guru sehingga terbentuk satu opini yang sama dalam satu kelas
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 14 Listen Read Discuss (LRD) "
Post a Comment