20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 10 Strategi Learning Center (Question Student Have)
Strategi Learning Center (Question Student Have)
Strategi Belajar Terpusat (Pertanyaan Peserta
Didik)
Langkah-langkah:
1. Bagikan kartu
kosong kepada peserta didik.
2. Meminta peserta
didik untuk menulis beberapa pertanyaan.
3. Putarlah kartu
tersebut searah keliling jarum jam.
4. Setiap peserta
memeriksa semua pertanyaan yang diajukan oleh kelompok tersebut.
5. Panggil beberapa
peserta sebagai penanya sukarela.
6. Kumpulkan semua
kartu.
Prosedur :
1. Bagikan katru
kosong kepada siswa.
2. Mintalah kepada
siswa menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki tentang mata pelajaran
atau sifat pelajaran yang sedang dipelajari.
3. Putarlah kartu
tersebut searak keliling jarum jam. Ketika semua kartu diedarkan pada peserta
berikutnya, peserta tersebut harus
membacakanny dan memberikan tanda cek di sana jika pertannyaan yang sama yang
mereka ajukan.
4. Saat kartu kembali
pada penulisnya, setiap peserta telah memeriksa semua pertanyaan yang diaajukan
pleh kelompok tersebut. Fase ini akan mengidentifikasi pertanyaan yang mana
yang banyak dipertanyakan. Jawablah masing-masing pertanyaan tersebut dengan :
a. Jawablah langsung
atau berikan jawaban yang berani.
b. Menunda jawaban
dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai waktu yang tepat.
c. Meluruskan
pertanyaan yang tidak menunjukkan suatu pertanyaan.
5. Panggil
beberapa peserta berbagi pertanyaan secara sukarela, sekalipun pertanyaan
mereka tidak memperoleh suara terbanyak
6. Kumpulkan
semua kartu. Kartu tersebut mungkin berisi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin
dijawab pada pertemuan berikutnya.
Variasi :
Variasi :
a. Jika
kelas terlalu besar dan memakan waktu saat memberikan kartu pada siswa, buatlah
kelas menjadi sub- kelompok dan lakukan instruksi yang sama. Atau kumpulkan
kartu dengan mudah tanpa menghabiskan waktu dan jawab salah satu pertanyaan
b. Meskipun
meminta pertanyaan dengan kartu indeks, mintalah peserta menulis harapan mereka
dan atau mengenai kelas, topik yang akan anda bahas atau alasan dasar untuk
partisipasi kelas yang akan mereka amati.
c. Variasi
dapat pula dilakukan dengan meminta peserta untuk memeriksa dan menjawab semua
pertanyaan yang diajukan oleh kelompok tersebut, sehingga fase ini akan dapat
mengidentifikasi pertanyaan mana yang mendapat jawaban terbanyak, sebagai
indikasi penguasaan anak terhadap objek yang dipertanyakan.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 10 Strategi Learning Center (Question Student Have)"
Post a Comment