20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 10 Strategi Learning Center (Question Student Have)


Strategi Learning Center (Question Student Have)


Strategi Belajar Terpusat (Pertanyaan Peserta Didik)


Langkah-langkah:

1. Bagikan kartu kosong kepada peserta didik.

2. Meminta peserta didik untuk menulis beberapa pertanyaan.

3. Putarlah kartu tersebut searah keliling jarum jam.

4. Setiap peserta memeriksa semua pertanyaan yang diajukan oleh kelompok tersebut.

5. Panggil beberapa peserta  sebagai penanya sukarela.

6. Kumpulkan semua kartu.


Prosedur :

1. Bagikan katru kosong kepada siswa.

2. Mintalah kepada siswa menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki tentang mata pelajaran atau sifat pelajaran yang sedang dipelajari.

3.  Putarlah kartu tersebut searak keliling jarum jam. Ketika semua kartu diedarkan pada peserta berikutnya, peserta  tersebut harus membacakanny dan memberikan tanda cek di sana jika pertannyaan yang sama yang mereka ajukan.

4.   Saat kartu kembali pada penulisnya, setiap peserta telah memeriksa semua pertanyaan yang diaajukan pleh kelompok tersebut. Fase ini akan mengidentifikasi pertanyaan yang mana yang banyak dipertanyakan. Jawablah masing-masing pertanyaan tersebut dengan :

a.  Jawablah langsung atau berikan jawaban yang berani.
b.  Menunda jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai waktu yang tepat.
c.  Meluruskan pertanyaan yang tidak menunjukkan suatu pertanyaan.

5. Panggil beberapa peserta berbagi pertanyaan secara sukarela, sekalipun pertanyaan mereka tidak memperoleh suara terbanyak

6. Kumpulkan semua kartu. Kartu tersebut mungkin berisi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dijawab pada pertemuan berikutnya.
Variasi :

a.  Jika kelas terlalu besar dan memakan waktu saat memberikan kartu pada siswa, buatlah kelas menjadi sub- kelompok dan lakukan instruksi yang sama. Atau kumpulkan kartu dengan mudah tanpa menghabiskan waktu dan jawab salah satu pertanyaan
b. Meskipun meminta pertanyaan dengan kartu indeks, mintalah peserta menulis harapan mereka dan atau mengenai kelas, topik yang akan anda bahas atau alasan dasar untuk partisipasi kelas yang akan mereka amati.
c.   Variasi dapat pula dilakukan dengan meminta peserta untuk memeriksa dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh kelompok tersebut, sehingga fase ini akan dapat mengidentifikasi pertanyaan mana yang mendapat jawaban terbanyak, sebagai indikasi penguasaan anak terhadap objek yang dipertanyakan.

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 10 Strategi Learning Center (Question Student Have)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close