20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 19 QAR

QAR


(QUESTIONS-ANSWER RELATIONSHIP)

PENJELASAN STRATEGI QAR


Strategi ini digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memperoleh berbagai informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan berbagai bidang. Pertanyaan dapat disusun oleh guru atau dapat memanfaatkan daftar pertanyaan yang ada dalam bacaan. Adapun jawabannya dapat diperoleh siswa melalui cara berikut.
*        Menemukan kata atau kalimat dalam teks sebagai jawaban dari pertanyaan. Contoh “Siapa yang bertanggung jawab untuk menciptakan suasana nyaman di kelas?”
*       Jawaban ada dalam teks tetapi harus menghubung-hubungkan kata atau kalimat pada bagian –bagian yang berbeda. Contoh pertanyaannya “ Apa yang menyebabkan kelas kita menjadi juara Lingkungan Nyaman?”
*        Pemahaman isi teks merupakan bahan penemuan jawaban, tetapi pemahaman tersebut berkaitan dengan pemahaman yang tersirat.Dengan demikian untuk menjawab pertanyaan itu diperlukan adanya hubungan dialogis antara pemahaman isi teks dengan pengalaman dan pengetahuan pembaca. Contoh: “Bagaimana hubungan timbal-balik antara lingkungan alam denganlingkungan kehidupan keluarga?”.
*       Jawaban tidak dapat ditemukan dalam teks. Untuk menemukan jawaban pertanyaan harus menghubung –hubungkan sesuatu yang dinyatakan penulis, merefleksikan kembali berbagai pengalaman dan pengetahuan dengan memanfaatkan berbagai sumber informasi. Contoh pertanyaan “Mengapa sebagai ekosistem lingkungan menentukan kehidupan organisme manusia, binatang, dan tumbuhan?”


LANGKAH-LANGKAH:

a)      Guru mengemukakan tujuan pengajarannya, problem yang mesti dipecahkan siswa, dan cara yang perlu dilakukan siswa untuk memecahkan masalah. Masalah yang dipecahkan siswa adalah memahami dan menjawab pertanyaan dalam berbagai jenis dan tingkatannya.
b)      Siswa melakukan kegiatan membaca dalam hati. Setelah kegiatan membaca selesai, dilakukan kegiatan tanya jawab dan pembahasan.
c)      Pertanyaan yang penemuan jawabannya memerlukan berbagai sumber dan berbagai kegiatan lain, misalnya pengamatan dan wawancara diberikan dalam bentuk tugas untuk dilaporkan pada pertemuan berikutnya. Pengerjaan tugas seyogyanya dikerjakan secara kelompok.

PROSEDUR PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaan strategi ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:
a.      Sebelum Membaca (Pra Membaca)                   :
1.       Memberi  salam dan mengecek kehadiran siswa,
2.       Menunjukan gambar yang berkaitan dengan topic dan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan topic tersebut,
3.       Memperkenalkan topic teks, dan tujuan instruksional yang harus dicapai,
4.       Menugaskan siswa memprediksi kata-kata yang akan digunakan dalam teks,
5.       Memperkenalkan konsep QAR,
6.       Memberi contoh tipe-tipe dari QAR,
7.       Menyuruh siswa untuk duduk di groupnya masing-masing,
8.       Membagikan lembar kerja siswa yang telah mereka kerjakan secara individu, 
9.       Memeriksa jawaban kelompok, dan
10.    Meminta siswa menyimpulkan pelajaran.
b.      Saat Membaca                                         :
1.       Menugaskan siswa untuk membaca dalam hati,
2.       Mendiskusikan kata-kata yang telah diprediksi,
3.       Menyuruh siswa untuk memahami isi bacaan,
4.       Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi jenis-jenis pertanyaan,
5.       Menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan kelompok, dan
6.       Berkeliling untuk member semangat siswa dan member bantuan bila diperlukan.
c.       Sesudah Membaca (Pasca Membaca)   :
1.       Menyuruh masing-masing group untuk menunjukkan jawabannya,
2.       Menentukan jawaban yang benar,
3.       Mengumpulkan jawaban masing-masing group, dan

4.       Menutup pertemuan.

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 19 QAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close