20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 16 Strategy SFA (Semantic Feature Analysis)


Strategy SFA (Semantic Feature Analysis)
(Strategi analisis fitur semantik)

Langkah-langkah:

1.Guru memberikan teks kepada siswa


2.Guru menentukan komponen kata yang ada dalam bacaan

3.Siswa dibantu guru menentukan kategori kata-kata yang ditemukan dalam bacaan

4. Siswa menentukan fitur dari komponen kata tersebut


5. Siswa mencatat fitur yang telah ditemukan dengan menggunakan matrik (tabel pembeda)

6. Siswa mengisi matrik tersebut dengan menggunakan tanda (+) dan (-) untuk mencari hubungan antarkata

7. Berdasarkan hasil dari matrik tersebut, guru mengarahkan siswa untuk mempelajari hubungan atau perbedaan dari setiap kata melalui (+) dan (-)



Prosedur Pelaksanaan:
1.Guru memberikan teks kepada siswa dengan tema tertentu. Misalnya guru bisa menggunakan tema binatang atau tumbuhan


2. Guru menentukan komponen kata yang ada dalam bacaan. Dalam menentukan komponen tersebut, guru hendaknya mencari komponen kata yang dekat dengan anak. Misalnya guru menggunakan komponen kata “binatang”

3. Berdasarkan komponen kata tersebut, siswa dibantu guru menentukan kategori kata-kata yang ada dalam bacaan. Misalnya kategori dari komponen kata “binatang” yaitu bebek, ayam, sapi, kambing, burung

4. Siswa menentukan fitur dari komponen yang ditentukan oleh guru.  Fitur dapat ditemukan anak dengan memanfaatkan latar belakang pengetahuan siswa. Misalnya dari komponen kata “binatang”. Siswa dapat menentukan beberapa fitur berdasarkan pengetahuan mereka, contohnya: bertelur, beranak, menyusui, tidak menyusui, terbang, berkaki empat, berkaki dua dan sebagainya

5. Siswa mencatat fitur yang telah ditemukan dengan menggunakan matrik (tabel pembeda) agar siswa mengetahui atau melihat hubungan maupun perbedaan antarkata. Contoh matrik:


      Nama hewan

Ciri pembeda
bebek
ayam
Sapi
kambing
burung
Bertelur





Beranak





Menyusui





Tidak menyusui





Berkaki empat





Berkaki dua





terbang






6.  Siswa mengisi matrik tersebut dengan menggunakan tanda (+) dan (-) untuk mencari hubungan antarkata berdasarkan pengetahuan mereka dengan menempatkan kata-kata dalam kategori. Contohnya seperti yang telihat pada matrik berikut.



      Nama hewan

Ciri pembeda
bebek
ayam
Sapi
kambing
burung
Bertelur
+
+
-
-
+
Beranak
-
-
+
+
-
Menyusui
-
-
+
+
-
Tidak menyusui
+
+
-
-
+
Berkaki empat
-
-
+
+
-
Berkaki dua
+
+
-
-
+
terbang
-
-
-
-
+

7. Berdasarkan hasil dari matrik tersebut, guru mengarahkan siswa untuk mempelajari hubungan atau perbedaan dari setiap kata. Secara tidak langsung proses ini menyebabkan siswa menemukan keunikan dari kata yang sitemukannya


8. Strategi ini secara efektif dapat digunakan oleh guru untuk berbagai macam situasi kelas. Strategi ini dapat membantu siswa dalam memilih kata ketika membuat sebuah kalimat.

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 16 Strategy SFA (Semantic Feature Analysis)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close