20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 16 Strategy SFA (Semantic Feature Analysis)
Strategy
SFA (Semantic Feature Analysis)
(Strategi analisis fitur
semantik)
Langkah-langkah:
1.Guru
memberikan teks kepada siswa
2.Guru
menentukan komponen kata yang ada dalam bacaan
3.Siswa
dibantu guru menentukan kategori kata-kata yang ditemukan dalam bacaan
4. Siswa
menentukan fitur dari komponen kata tersebut
5. Siswa
mencatat fitur yang telah ditemukan dengan menggunakan matrik (tabel pembeda)
6. Siswa
mengisi matrik tersebut dengan menggunakan tanda (+) dan (-) untuk mencari
hubungan antarkata
7. Berdasarkan
hasil dari matrik tersebut, guru mengarahkan siswa untuk mempelajari hubungan
atau perbedaan dari setiap kata melalui (+) dan (-)
Prosedur
Pelaksanaan:
1.Guru memberikan teks
kepada siswa dengan tema tertentu. Misalnya guru bisa menggunakan tema binatang
atau tumbuhan
2. Guru menentukan komponen
kata yang ada dalam bacaan. Dalam menentukan komponen tersebut, guru hendaknya
mencari komponen kata yang dekat dengan anak. Misalnya guru menggunakan
komponen kata “binatang”
3. Berdasarkan komponen
kata tersebut, siswa dibantu guru menentukan kategori kata-kata yang ada dalam
bacaan. Misalnya kategori dari komponen kata “binatang” yaitu bebek, ayam,
sapi, kambing, burung
4. Siswa menentukan fitur
dari komponen yang ditentukan oleh guru.
Fitur dapat ditemukan anak dengan memanfaatkan latar belakang pengetahuan
siswa. Misalnya dari komponen kata “binatang”. Siswa dapat menentukan beberapa
fitur berdasarkan pengetahuan mereka, contohnya: bertelur, beranak, menyusui, tidak menyusui, terbang, berkaki empat,
berkaki dua dan sebagainya
5. Siswa mencatat fitur yang telah ditemukan dengan
menggunakan matrik (tabel pembeda) agar siswa mengetahui atau melihat hubungan
maupun perbedaan antarkata. Contoh matrik:
Nama hewan
Ciri
pembeda
|
bebek
|
ayam
|
Sapi
|
kambing
|
burung
|
Bertelur
|
|
|
|
|
|
Beranak
|
|
|
|
|
|
Menyusui
|
|
|
|
|
|
Tidak
menyusui
|
|
|
|
|
|
Berkaki
empat
|
|
|
|
|
|
Berkaki
dua
|
|
|
|
|
|
terbang
|
|
|
|
|
|
Nama hewan
Ciri
pembeda
|
bebek
|
ayam
|
Sapi
|
kambing
|
burung
|
Bertelur
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
Beranak
|
-
|
-
|
+
|
+
|
-
|
Menyusui
|
-
|
-
|
+
|
+
|
-
|
Tidak
menyusui
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
Berkaki
empat
|
-
|
-
|
+
|
+
|
-
|
Berkaki
dua
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
terbang
|
-
|
-
|
-
|
-
|
+
|
7. Berdasarkan hasil dari matrik
tersebut, guru mengarahkan siswa untuk mempelajari hubungan atau perbedaan dari
setiap kata. Secara tidak langsung proses ini menyebabkan siswa menemukan
keunikan dari kata yang sitemukannya
8. Strategi ini secara efektif dapat digunakan oleh guru untuk berbagai macam situasi kelas. Strategi ini dapat membantu siswa dalam memilih kata ketika membuat sebuah kalimat.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 16 Strategy SFA (Semantic Feature Analysis)"
Post a Comment