BUDIDAYA KACANG MACADAMIA, KACANG TERMAHAL DI DUNIA DAN MANFAATNYA





Mengubah kebiasaan masyarakat yang kurang memperhatikan kelangsungan ekologi tidak lah mudah. Salah satunya, kebiasaan membudidayakan sayuran di dataran tinggi. Penanaman sayuran secar intensig mengakibatkan kerusakan lahan . padahal kondisi ekologis dataran tinggi sangat penting.


Tanaman keras atau tegakan perlu dipertahankan, karena dapat menunjang fungsi dataran tinggi sebagai daerah resapan air, pencegahan erosi dan penahan longsor. Namun tidak mudah mendapatkan tanaman pengganti yang bisa diterima masyarakat. Diperlukan jenis tanaman yang mampumemenuhi dua fungsi yaitu fungsi ekologis dan fungsi ekonomis.

Hal ini yang mendorong budidaya kacang macadamia asal australia
Kacang macadamia mengandung kalori/lemak yang tinggi yang bisa menjadi bahan baku industri makanan dan kosmetik. Kacang macadamia sangat disukai banyak orang karena memiliki rasa gurih, lembut, dan agak manis.

Banyak industri makanan olahan yang bisa memanfaatkannya. Khusus kosmetik, kacang ini dapat menghasilkan minyak hingga 80 % untuk perawatan kulit


Harga kacang macadamia juga sangat menguntungkan petani, yakni mencapai Rp. 300 ribu per kilogram. Dengan harga tinggi itu, petanijuga akan semakin untuk jika mengubah menanam sayuran dan beralih membudidayakan macadamia.

Selain baik secara ekonomis, tanaman macadamia juga mampu meningkatkan fungsi hidrologis, pengendalian erosi, serta tahankebakaran dan kekeringan.

Tanaman ini bisa jadi penyekat antarnlok hutan sehingga jika terjadi kebakaran, api tidak meluas ke daerah lain

Macadamia juga cocok untuk rehabilitasi lahan rusak di  dataran ytinggi, karena dapat tumbuh subur di ketinggian 700-1.500 meter diatas permukaan laut

Tanaman macadamia jika sudah memasuki panen bisa menghasilkan 20-25 kg/pohon. Dalam sebulan bisa dipanen 3-4 kali. Jika dijual setelah dikeringkan bisa dihargai 300 ribu-350 ribu/kg. Dapat dibayangkan hasil yang akan diperoleh dari setiap tanaman.


Apalgi jika tanaman dilakukan di lahan seluas 1 hektare dengan jumlah tanaman 400-700 batang. Meski demikian petani harus sabar menanti masa panen. Sebab penen baru bisa dilakukan ketika tanaman berusia 6-7 tahun. Namun penantian panjang itu akan berbuah manis. Sebab, usia macadamia sangat panjang, bisa 40 tahun, bahkan lebih, tergantung perawatan. Dengan demikian petani tinggal melakukan perawatan agar bisa memanen secara terus menerus.

10 Manfaat Kacang Macadamia sebagai kacang termahal di dunia:

1. Menurunkan kolesterol
Manfaat kacang macadamia yang pertama yaitu ampuh dalam menurunkan kolesterol. Kandungan nutrisi dalam kacang ini akan memberikan khasiat yang baik untuk mencegah kenaikan kolesterol jenis jahat yang ada di dalam tubuh Anda.

2. Mencegah penyumbatan pembuluh darah
Khasiat kacang macadamia sangat baik digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah. Kacang unik yang satu ini akan memberikan perlindungan lebih ke pembuluh darah Anda dan melancarkan aliran darah.

3. Menyehatkan organ jantung
Manfaat kacang macadamia sering dianjurkan untuk Anda yang punya masalah pada kesehatan jantung. Kandungan nutrisi dalam kacang ini mampu mencegah penyakit yang akan menyerang kesehatan jantung Anda sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat.

4. Mengatasi stroke
Khasiat kacang macadamia selanjutnya adalah mengatasi stroke. Kacang yang menyehatkan tubuh Anda ini dapat mencegah gejala stroke muncul di tubuh Anda. Jika Anda sudah terkna stroke terlebih dahulu, Anda masih bisa mengonsumsinya dengan rutin.

5. Anti oksidan alami
Manfaat kacang macadamia sebagai makanan dengan anti oksidan yang alami akan membantu tubuh lebih kebal dari efek yang ditimbulkan oleh paparan radikal bebas. Berbagai macam penyakit akibat radiasi ini bisa Anda cegah sejak dini.

6. Mencegah penyakit kanker
Kegunaan kacang macadamia juga bisa mencegah penyakit kanker. Hal ini masih berkaitan dengan khasiatnya yang dapat mencegah efek radikal bebas. Sel kanker akan dengan mudah ditekan pertumbuhannya agar tidak menyebar ke seluruh tubuh Anda.

7. Makanan diet sehat
Anda ingin diet sehat tanpa kelaparan? Konsumsi kacang macadamia merupakan salah satu solusinya. Diet yang baik adalah mengganti jenis makanan yang akan Anda makan dengan makanan yang lebih sehat, termasuk kacang unik ini.

8. Melancarkan buang air besar
Kandungan serat dalam kacang macadamia bisa membuat buang air besar Anda menjadi lebih lancar. Serat berfungsi untuk mengikat sisa makanan yang masih menempel di usus, sehingga tidak akan terjadi penyumbatan di dalamnya.

9. Menjaga bakteri baik pada usus
Ada beberapa jenis bakteri yang ada di dalam tubuh dan salah satunya yang perlu Anda lindungi yaitu bakteri baik. Bakteri ini akan berguna dalam melawan bakteri jahat di usus Anda. Untuk menjaga bakteri baik, Anda dapat mencoba mengonsumsi kacang macadamia.

10. Melancarkan pencernaan
Pencernaan yang lancar tidak akan mudah terserang penyakit maupun bakteri. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumi makanan yang kaya akan serat seperti kacang macadamia. Kacang ini akan membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

0 Response to "BUDIDAYA KACANG MACADAMIA, KACANG TERMAHAL DI DUNIA DAN MANFAATNYA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close