20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 4 Pre Reading Plan (Prep)

Pre Reading Plan (Prep)
(Perencanaan Sebelum)

Pre-reading/pre-instruction adalah kegiatan yang menumbuhkan diskusi kelompok dan kesadaran material yang akan dibahas. Guru memperkenalkan
konsep penting dari bahan yang akan diajarkan dan siswa membagikan apa yang mereka tahu tentang konsep tersebut.


LANGKAH-LANGKAH
1.       Pilih bagian membaca untuk kelas. Mengidentifikasi konsep dalam sebuah kalimat singkat. Berbagi pernyataan dengan kelas sebagai batu loncatan untuk kegiatan pra-membaca.

2.       Bagilah kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil. Mintalah setiap kelompok untuk mendaftar kata dan frasa dari pengetahuan mereka sebelumnya yang berkaitan dengan konsep pusat pemilihan membaca. Mintalah kelompok siswa tentang ide-ide ke dalam kategori logis.

3.       Mintalah siswa merefleksikan hubungan khusus dari setiap istilah yang mereka daftar dengan tema sentral. Ajukan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu siswa menjelaskan asosiasi tersebut. Apa yang membuat Anda berpikir tentang asosiasi ini? Bagaimana kata tertentu yang berhubungan dengan konsep umum

4.       Mendorong siswa untuk menyempurnakan daftar kata mereka dengan menghilangkan kata-kata yang tidak berhubungan seperti yang diduga sebelumnya dan dengan menambahkan kata-kata yang lebih baik berkaitan dengan konsep pusat.

5.       Setelah membaca, siswa perlu meninjau ulang daftar istilah yang terkait lagi, mengevaluasi seberapa baik pengetahuan sebelum mereka berhubungan dengan informasi dalam pemilihan membaca.


PROSEDUR PELAKSANAAN
  1. Siswa bersama guru menentukan bahan bacaan yang dipilih. Misalnya, siswa diberi bahan 
  2. bacaan yang bertemakan teknologi.
  3. Siswa membagi dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3 anak.
  4. Siswa mendaftar kata dan frasa yang berkaitan dengan bahan bacaan yang diberikan. Misalnya kata-kata “globalisasi” dan “mutakhir”.
  5. Siswa mencari arti dari kata-kata sulit tersebut dengan pengetahuannya sendiri.
  6. Siswa membuat kalimat dari kata-kata sulit tersebut yang sesuai dengan tema yang dipilih.
  7. Siswa menyempurnakan arti dari kata yang mereka temukan agar lebih jelas maknanya.


0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 4 Pre Reading Plan (Prep)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close