LAPORAN TRAINING OF TRAINER & CERTIFICATION PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TATAP MUKA UNTUK TENAGA PENDIDIK
PELAKSANAAN
TRAINING OF TRAINER (TOT)
PROGRAM
PELATIHAN TATAP MUKA
1.
Nama Kegiatan :
Training
of Trainer and Certification Pelaksanaan
Program Pelatihan Tatap Muka
2.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan :
a. Waktu
Pelaksanaan :
- Hari : Senin s.d Rabu
- Tanggal
: 29 – 31 Juli 2019
- Tempat : Hotel Rooms Inc, Jl. Pemuda 150 Semarang.
- Alokasi
Waktu :
30 Jam
b. Penyelenggara
Kegiatan :
Kegiatan Training of
Trainer and Certification Pelaksanaan Program
Pelatihan Tatap Muka diselenggarakan oleh BKPP Kabupaten
Pati
3.
Jenis Kegiatan :
Kegiatan
yang dilakukan adalah melatih peserta ( guru-guru ) untuk memperoleh pengakuan
Kompetensi Kerja Guru yang mereka miliki
dan berlaku di Asia Tenggara
4.
Materi Pelatihan Tatap Muka
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah
a.
Merancang suatu Pelatihan
1. Merencanakan penyajian materi latihan
ADDIE Model = Analisis, Design, Develop, Implement,
Evaluation
a) Merancang sesi pembelajaran
Mengetahui latar belakang klien, memahami profile
peserta, memahami issues dan ekspektasi dari peserta, menyusun learning outcome
dan learning objective
b) Langkah mendesain program
Ć Learning Outcome
Ć Learning Objective
Ć Sequencing the content
Ć Approach communicate the content
c) Memilih alur program selama mengajar/pelatihan
menggunakan story board / story line
d) Implementasi menggunakan SKI methode (Spiritual,
kreativitas, dan Intelektual)
1. Spiritual (Intention/Alasan, Be zero ,Managing state)
2. Kreativitas (Kesan pertama berupa senyum di wajah,
matching dan mirroring, pacing, leading)
3. Intelektual (Verbal, Vokal, Visual)
b.
Melaksanakan
pelatihan tatap muka
Menjalin
hubungan kerja yang baik dan harmonis antar peserta dan instruktur pelatihan
5.
Tujuan Pelatihan
Peserta
dapat merencanakan dan melaksanakan suatu pelatihan di unit kerja ataupun jika diminta melatih di lembaga lain dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme
guru
6.
Tindak Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pelatihan ini adalah :
a.
Peserta (guru-guru)
dapat Mengorganisasikan suatu Pelatihan yang didalamnya termasuk Merencanakan
dan Melaksanakan suatu Pelatihan di Unit Kerja ataupun jika diminta melatih di lembaga lain.
b.
meningkatkan kompetensi
dan profesionalisme dalam kegiatan pembelajaran.
c.
Mengupayakan inovasi
atau terobosan-terobosan baru dalam pembelajaran di kelas.
7.
Dampak Pelaksanaan
Pelatihan Tatap Muka
Adapun
dampak yang kami rasakan dari Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka ini adalah:
a.
Kami menyadari betapa pentingnya
Merencanakan (mendesain) Pelatihan untuk suksesnya Pelaksanaan suatu Pelatihan
itu sendiri.
b.
Meningkatkan kompetensi
dan profesionalisme guru.
c.
Kami menganggap penting
memiliki Pengakuan tentang Kompetensi yang Kami miliki dengan diterbitkannya
sertifikat dari Lembaga Resmi yang diakui.
8. Foto – foto Kegiatan
0 Response to "LAPORAN TRAINING OF TRAINER & CERTIFICATION PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TATAP MUKA UNTUK TENAGA PENDIDIK "
Post a Comment