LAPORAN TRAINING OF TRAINER & CERTIFICATION PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TATAP MUKA UNTUK TENAGA PENDIDIK


PELAKSANAAN TRAINING OF TRAINER (TOT)
PROGRAM PELATIHAN TATAP MUKA


1.      Nama Kegiatan :
Training of Trainer and Certification Pelaksanaan Program Pelatihan Tatap Muka


2.      Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan :
a.    Waktu Pelaksanaan :
-     Hari                            : Senin s.d Rabu
-     Tanggal                       : 29 – 31 Juli 2019
-     Tempat                       : Hotel Rooms Inc, Jl. Pemuda 150 Semarang.
-     Alokasi Waktu           : 30 Jam
b.    Penyelenggara Kegiatan :
Kegiatan Training of Trainer and Certification Pelaksanaan Program Pelatihan Tatap Muka diselenggarakan oleh BKPP Kabupaten Pati

3.      Jenis Kegiatan :
Kegiatan yang dilakukan adalah melatih peserta ( guru-guru ) untuk memperoleh pengakuan Kompetensi Kerja Guru yang  mereka miliki dan berlaku di Asia Tenggara

4.      Materi Pelatihan Tatap Muka
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah
a. Merancang suatu Pelatihan
1.      Merencanakan penyajian materi latihan
ADDIE Model = Analisis, Design, Develop, Implement, Evaluation
a)      Merancang sesi pembelajaran
Mengetahui latar belakang klien, memahami profile peserta, memahami issues dan ekspektasi dari peserta, menyusun learning outcome dan learning objective
b)      Langkah mendesain program
Ƙ  Learning Outcome
Ƙ  Learning Objective
Ƙ  Sequencing the content
Ƙ  Approach communicate the content
c)      Memilih alur program selama mengajar/pelatihan menggunakan story board /  story line
d)     Implementasi menggunakan SKI methode (Spiritual, kreativitas, dan Intelektual)
1.      Spiritual (Intention/Alasan, Be zero ,Managing state)
2.      Kreativitas (Kesan pertama berupa senyum di wajah, matching dan mirroring, pacing, leading)
3.      Intelektual (Verbal, Vokal, Visual)


b.      Melaksanakan pelatihan tatap muka
Menjalin hubungan kerja yang baik dan harmonis antar peserta dan instruktur pelatihan
5.      Tujuan Pelatihan
Peserta dapat merencanakan dan melaksanakan suatu pelatihan di unit kerja  ataupun jika diminta melatih di lembaga lain dan  meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru

6.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pelatihan ini adalah :
a.       Peserta (guru-guru) dapat Mengorganisasikan suatu Pelatihan yang didalamnya termasuk Merencanakan dan Melaksanakan suatu Pelatihan di Unit Kerja  ataupun jika diminta melatih di lembaga lain.
b.      meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam kegiatan pembelajaran.
c.       Mengupayakan inovasi atau terobosan-terobosan baru dalam pembelajaran di kelas.
7.      Dampak Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka
Adapun dampak yang kami rasakan dari Pelaksanaan Pelatihan Tatap Muka ini adalah:
a.       Kami menyadari betapa pentingnya Merencanakan (mendesain) Pelatihan untuk suksesnya Pelaksanaan suatu Pelatihan itu sendiri.
b.      Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru.
c.       Kami menganggap penting memiliki Pengakuan tentang Kompetensi yang Kami miliki dengan diterbitkannya sertifikat dari Lembaga Resmi yang diakui.
8.      Foto – foto Kegiatan

0 Response to "LAPORAN TRAINING OF TRAINER & CERTIFICATION PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TATAP MUKA UNTUK TENAGA PENDIDIK "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close