Jangan anggap remeh 5 gejala sakit pinggang






Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika saya merasa pinggang saya kurang teasa enak, agak pegal pegal terasa dibagian punggung atau tepatnya perbatasan antara punggung dengan bokong. Gejala awal yang saya rasakan :
1. Pegal pegal jika dibuat duduk lama, hampir 4 bulan
2. Ketika bangun tidur punggung terasa kaku
3.ketika buat sholat pas ruku terasa nyeri bagian sendi perbatasan punggung dan bokong
4.setelah berdiri lama untuk duduk itu terasa sakit bagian punggung
5. Nah akhir-akhir ini jika Buat BAB yang jongkok itu sakitnya terasa sampai punggung sampai kepala

Waktu itu saya anggap hanya sakit pinggang biasa, yang cepet sembuh. Berbagai cara dilakukan dikasih cream penghilang nyeri, ditempelin salonpas, sampai saya mengira mungkin kurang olahraga. Dan akhirnya saya sering olahraga buat lari lari atau loncat - loncat.

Akhirnya beberapa minggu terakhir ini sakit dibagian punggung bawah itu terasa sakit luar biasa, buat duduk setelah berdiri lama itu terasa sakit sekali butuh waktu lama supaya nyaman duduknya. Buat duduk mengenfarai motor saja terasa sakit, apalagi buat sholat pas ruku' itu tidak bisa apalagi buat jongkok.

Setelah merasakan sakit yang luar biasa saya berkonsultasi ke dokter umum setelah diperiksa katanya hanya kecapekan karena mungkin sering naik motor lama. Tapi setelah seminggu tidak ada perubahan sama sekali

Kemudian saya konsultasi ke fisioterapi ketika saya sampaikan keluhan saya, sudah diketahui apa penyebabnya katanya terkena HNP, kalau dijelaskan itu di ruas tulang belakang ada bantalan yang lunak, dan terjadi penonjolan menjepit syaraf. Katanya kalau parah bisa menyebabkan syaraf kejepit yg lebih parah. Ingin tahu  apa itu HNP? Dan memang gejala serta sakitnya sangat cocok dengan keterangan dari fisioterapi itu sakitnya terletak dimana saja.  Di fisioterapi itu yang dilakukan:
1. Memberi terapi sinar infrared yang terasa hangat sambil dipijit pijat menggunakan cream yg saya tidal tahu apa namanya cream itu. Pokoknya terasa hangat
2. Dikasih obat yang harus diminum rutin sehari hari
3. Aktivitas olahraga yang di sarankan yaitu berenang minimal 2x seminggu
4. Kemudian olahraga sambil tengkurap kedua kaki lurus dan diangkat bersamaan, ditahan kurang lebih lima detik. Untuk memperkuat otot tulang belakang, bisa dilakukan sesring mungkin
5.jangan olahraga berat seperti sepak bola atau voli. Lakukan ringan saja dengan olahraga  jalan cepat.
6. Jangan membungku-bungkukan badan karena bisa memperparah sakitnya
7.HNP bisa terjadi karena pernah jatuh atau cedera. Saya dulu pernah jatih dari motor tapi walti itu tidak terasa sakit sama sekali, mungkin sekarang baru kerasa efeknya.
8. Jangan makan es, pete dan durian
9. Kalau seperti saya yang ringan tetap beraktivitas tapi harus hati-hati jangan angkat berat





0 Response to "Jangan anggap remeh 5 gejala sakit pinggang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close